Metode Komunikasi Santri dan Ustadz Pengasuh di Pondok Pesantren Dar Al-Amal Kota Metro Lampung

Authors

  • Lailatul Lutfinda Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung, Indonesia
  • Astuti Patminingsih Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/al-jamahiria.v1i1.6442

Abstract

Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan di Indonesia tempat santri menimba ilmu agama dengan segala keunikannya, pesantren juga dapat membantu santri mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Komunikasi merupakan salah satu keterampilan wajib yang harus dimiliki oleh semua manusia yang ingin sukses dalam hidupnya. Dengan komunikasi seseorang mampu menciptakan suasana aktif dengan lingkungan sosialnya. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana meningkatkan komunikasi santri di Pondok Pesantren Dar al-amal. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi kepada ustadz dan santri pondok pesantren. Hasil penelitian menyatakan bahwa metode yang digunakan untuk meningkatkan komunikasi santri di Pondok Pesantren Dar Al-Amal menggunakan metode kuliah/ceramah, tanya jawab, diskusi menunjukkan gaya dan syawir dimana kegiatan ini sudah ada sejak lama dengan tujuan untuk menambah wawasan santri terhadap Ajaran Islam dan membantu santri untuk meningkatkan keterampilan berbicara, melatih mental santri untuk lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya di depan banyak orang.

Write down here your paper’s abstract in one paragraph consisting of 150-200 words. Abstract should contain: (1) the main question and the background of the discussed issue; (2) the research novelty; (3) how the question is discussed in the paper or methodology; and (4) the main result of the discussion. Other important matters discussed in the paper that significantly contribute to the final result of the research may be noted here, but you have to consider, however, the limited space of the abstract. The abstract is written in two languages; English and Bahasa Indonesia, typing uses line spacing 1 or single, font size 10, font Baltica with the margins narrower than the right and left margins of the main text. The keywords need to be included to reflect the problem context of the research and the main terms that underlie the implementation of the research. The keywords can be one word or compound words. The number of keywords is 3-5 words.

Author Biographies

Lailatul Lutfinda, Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung

KOmunikasi dan Penyiaran Islam

Astuti Patminingsih, Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung

Komunikasi dan Penyiaran Islam

References

Agama, K. (n.d.). Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren.

Dwi Meisareni, & Arif, M. (2022). Pola Komunikasi Antara Ustadz Dan Santri Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Di Tpa Sullam At-Taufiqy. Ejournal.an-Nadwah.Ac.Id, 12(1), 31–45. http://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/Attadabbur/article/view/386

Fahham, A. M. (2020). Pendidikan Pesantren: Pola Pengasuhan, Pembentukkan Karakter, dan Perlindungan Anak. Publica Institute Jakarta.

Lulu Luckyta, Astri Sutisnawati, D. A. U. (2020). Peran Kemampuan Komunikasi Terhadap Sikap Percaya Diri Santri Sekolah Dasar. WASIS, 1(2).

Marfuah. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Universitas Negeri Jakarta, Jurusan Ekonomi Koperasi, 26(2).

Moleong, L. J. (2017). Metodlogi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Navian, Fuad, dkk. (2013). Model Komunikasi Kyai dengan Santri (Studi Fenomenologi Pada Pondok Pesantren “Ribathi†Miftahul Ulum). Wacana, 16(4), 197–206.

Nurdin, A. (2016). Tradisi Komunikasi Di Pesantren. KARSA: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman, 23(2), 276. https://doi.org/10.19105/karsa.v23i2.727

Riinawarti. (2019). Pengantar Teori Manajemen Komunikasi dan Organisasi. Pustaka Baru Press.

Rukmana, K. (2018). Upaya Ustadz Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial (Social Skill) Santri Di Pondok Pesantren Modern Darussalam Kapahiang. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Kanisius.

Sofiyana Rizky, Mawardi, H. K. I. P. (n.d.). Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Program Profesi Ustadz Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, 3(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryabrata, S. (2015). Metodelogi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada.

Tatik Suryani, E. M. R. (2018). Metode Pembelajaran.

Wasta Utami, N. (2018). Komunikasi Interpersonal Kyai dan Santri dalam Pesantren Modern di Tasikmalaya, Sebuah Pendekatan Interactional View. Jurnal Komunikasi, 12(2), 141–152. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol12.iss2.art4

Downloads

Published

2023-07-31

Citation Check