Peran Guru Al-Qur’an Hadits dalam Peningkatan Minat Hafalan Al-Qur’an Siswa di Mti Canduang


Authors :
(1) Vinta Anggraini Mail (Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi)

Abstract


Abstract

The Qur'an and Hadith are guidelines for every Muslim. And of course as a Muslim it is necessary to study and memorize the Al-Qur'an and Hadith. In reality, memorizing the Al-Qur'an and Hadith is still difficult to do, especially nowadays when there is very little interest in memorizing or even reading the Al-Qur'an. Therefore, it is necessary to study the Koran and Hadith. The aim of learning Al-Qur'an Hadith is: 1) by learning Al-Qur'an Hadith it can help students to study and understand the Al-Qur'an and Hadith, 2) so that students enjoy reading and memorizing the Al-Qur 'an Hadith, and 3) so that students can practice the content of the Al-Qur'an Hadith in everyday life. Of course, in realizing the smooth learning objectives of Al-Qur'an Hadith, a teacher's strategy or effort is needed. By conducting this research at MTI Canduang, the aim was to examine the strategies or efforts made by teachers in increasing interest in memorizing the Al-Qur'an, especially memorizing the Al-Qur'an among students at MTI Canduang. The method used in this research is a descriptive qualitative research method. By using this method, researchers describe and explain teachers' strategies for improving student memorization at MTI Canduang. In collecting data sources by means of observation, interviews and literature study

Abstrak

Al-Qur’an dan Hadits merupakan pedoman bagi setiap muslim. Dan tentu sebagai seorang muslim diperlukan untuk mempelajari serta menghafal Al-Qur’an dan Hadits. Pada kenyataanya untuk menghafal Al-Qur’an dan Hadits masih sulit untuk dilakukan, terlebih pada masa sekarang yang minat untuk menghafal bahkan untuk membaca Al-qur’an saja sudah sangat kurang. Maka dari itu perlu adanya pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits. Tujuan adanya pembelajaran Al-Qur’an Hadits , yaitu : 1) dengan adanya pembelajaran Al-Qur’an Hadits dapat membantu siswa untuk mempelajari dan memahami Al-Qur’an dan Hadits, 2)agar siswa gemar dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an Hadits, dan 3) agar siswa dapat mengamalkan kandungan Al-Qur’an Hadits dalam kehidupan sehari-hari. Tentu dalam mewujudkan kelancaran tujuan pembelajaran Al-Qur’an Hadits tersebut diperlukan strategi atau upaya seorang guru.   Dengan dilakukan penelitian ini di MTI Canduang bertujuan untuk menelaah strategi atau upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan minat hafalan Al-Qur’an  terutama hafalan Al-Qur’an siswa di MTI Canduang. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan metode ini, peneliti menggambarkan serta menjelaskan strategi guru dalam peningkatan hafalan siswa di MTI Canduang. Dalam mengumpulkan sumber data dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka.

 


Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/surau.v1i2.7543

References

Agustina, M. (2020). Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Ar-Rahman Curup. Didaktika : Jurnal Pendidikan, 14, 9–10.

Andi, W. Dan. (2022). Implementing A Quality Learning In Schools. Arraniry: International Journal Of Islamic Studies 5, 1–12.

Canduang, S. M. (N.D.). Wawancara.

K. Yunanda Luxiana Parwata, A. A. I. Agung Rai Sudiatmika, N. L. P. L. D. (2018). Pengaruh Teman Sebaya, Orang Tua, Dan Guru Terhadap Masalah Belajar Anak Superior. 1(April), 1–11.

Laysia, U. T. H. Dan. (2009). Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta.

Mansur. (2004). Moralitas Pesantren. Safiria Insani Press.

Maulidia, R. (2020). Classical Conditioning , Cognitive Learning , Social Learning. At-Ta’dib, 4(2), 129–144. Https://Ejournal.Unida.Gontor.Ac.Id/Index.Php/Tadib/Article/Download/587/524

Noer, S., Evi, ;, & Rusydiyah, F. (2019). MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN BERBASIS COIN PRO 2 (Studi Komparasi Pembelajaran Tahfidz Di Turki, Malaysia Dan Indonesia). EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 138–150. Https://Ejournal.Unuja.Ac.Id/Index.Php/Edureligia/Article/View/1128

Oktapiani, M. (2020). Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95–108. Https://Doi.Org/10.34005/Tahdzib.V3i1.861

Rahman, Y., & Ritonga, A. R. (2021). Nationalism And Islam In Religious Learning: Optimization Of Insan Kamil Character Building. Islam Realitas: Journal Of Islamic And Social Studies, 7(1), 42. Https://Doi.Org/10.30983/Islam_Realitas.V7i1.4517

Sa’dulloh. (2008). Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an. Gema Insani.

Syarifuddin. (2020). Makna Menghafal Al-Qur‟An Bagi Masyarakat. Altafaqquh, Journal Of Islamic Law, 1, 49–72.

Ulandari, Y., Rahman, Y., Khairuddin, K., & Trisno, B. (2023). Interaksi Edukatif Guru Dan Murid Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VII Di Mts Ponpes Daarul Aula Bukit Tigo Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21744–21752.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/surau.v1i2.7543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________________________________________________________________
Academia.Edu

SURAU : Journal of Islamic Education
e-ISSN :
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/surau

E : surau.journal@uinbukittinggi@gmail.com
"View Stats"
Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License