Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Disiplin Belajar PAI Siswa SMK Negeri 1 Baso


Authors :
(1) Saiful Yeri Mail (SMK Negeri 1 Baso, Indonesia)
(2) Darmiwanti Darmiwanti Mail (SMK Negeri 1 Baso, Indonesia)

Abstract


Abstract

Giving prizes and Punishment is a way to increase learning discipline, this research how big  the influence of givng prizes and Punishment is on the PAI learning discipline of students at SMK Negeri 1 baso. The type of research with descriptive coreelative research methods. The data collelection technique in this research used a questionnaire. The research subjects werw 60 students of SMK Negeri 1 Baso. The results of this research are as follows: the score for giving gifts was 79,28 in the high category, the score for giving Punishment  was 78,22 un the high category dan the learning discipline score was 81,89 in the very high category, while the score for the influence of giving gifts on learning discipline was 0,652 in the strong category, the influence score giving Punishment for discipline is 0,498 in the sufficient category and the score for the influence of giving gitfs and Punishment for learning disciplne is 0,665 in the strong category. This research concludes that discipline can be realized in the learning process by applying the method  of giving gifts and giving Punishment, and the suggestion that can be made is that teachers are expected to be more innovative and creative ib creating and implementing giving gifts and Punishment. Students are expected to remain disciplined and study hard.

 

Abstrak

Pemberian Reward dan punishment merupakan cara untuk meningkatkan kedisiplinan belajar, penelitian ini membahas tentang seberapa besar pengaruh pemberian Reward dan Punishment terhadap disiplin belajar PAI siswa SMK Negeri 1 Baso, jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif korelatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Subjek penelitian adalah 60 siswa SMK Negeri 1 Baso. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: skor untuk pemberian  reward sebesar79,28 pada kategori tinggi, skor pemberian punishment sebesar 78,22 pada kategori tinggi dan skor disiplin belajar sebesar 81,89 pada kategori sangat tinggi, sedangkan skor pengaruh pemberian reward terhadap disiplin belajar sebesar 0,652 pada kategori kuat, skor pengaruh pemberian konseksuensi terhadap disiplin sebesar 0,498 pada kategori cukup dan skor pengaruh pemberian reward dan konseksuensi terhadap disiplin belajar sebesar 0,665 pada kategori kuat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kedisiplinan dapat terwujud pada proses pembelajaran dengan menerapkan metode pemberian reward dan pemberian punishment, dan saran yang dapat di sampaikan adalah guru diharapkan lebih inovatif dan kreatif menciptakan dan menerapkan pemberian reward dan konseksuensi. Bagi siswa diharapkan tetap disiplin dan giat giat belajar


Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/surau.v1i1.6883

References

Anwaroti, I., & Humaisi, S. (2020). Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Konsep Diri Siswa. Asanka: Journal Of Social Science And Education, 1(2), 115–126. Https://Doi.Org/10.21154/Asanka.V1i2.2204

Dr. Abd. Mukhid, M. P. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Jakad Media Publishing.

Ginting, M. C., & Silitonga, I. M. (2019). Pengaruh Pendanaan Dari Luar Perusahaan Dan Modal Sendiri Terhadap Tingkat Profitabilitas Pada Perusahaan Property And Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, 5(2), 195–204.

Indri, F. Z., & Putra, G. H. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Konsentrasi Pasar Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016-2020. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(2), 01–17.

Martias, L. D. (2021). Statistika Deskriptif Sebagai Kumpulan Informasi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40. Https://Doi.Org/10.14421/Fhrs.2021.161.40-59

Mujahidah, Isnar, M., Kadir, A., & Patta, R. (2021). Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Ii. Jikap Pgsd: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 447–455.

Rizal, I. M. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. Nusamedia.

Wani, K. E., & Sutarini. (2022). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Pada Proses Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Iv Sdn 064955 Medan. Eduglobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 233–247.

Zulpan, Z., & Rusli, A. (2020). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Membaca Short Functional Text Pada Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 86–95. Https://Doi.Org/10.47783/Jurpendigu.V1i1.66




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/surau.v1i1.6883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________________________________________________________________
Academia.Edu

SURAU : Journal of Islamic Education
e-ISSN :
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/surau

E : surau.journal@uinbukittinggi@gmail.com
"View Stats"
Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License