Implementasi Bahasa Inggris dengan Direct Method untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Agama Islam Pada Santri Al-Hidayah Jorong Marambuang


Authors :
(1) Bambang Trisno Mail (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia)
(2) Syawaluddin Syawaluddin Mail (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia)

Abstract


Abstract

Motivation plays a significant role in education, as it encourages students to be diligent, industrious, enthusiastic in their learning, and to become individuals of high quality. However, at MDA Al-hidayah in Jorong Marambuang, there are still some students who lack enthusiasm and are somewhat lazy in their pursuit of Islamic education. This study aims to describe the importance of using the direct method to enhance the motivation of MDA Alhidayah Jorong Marambuang's students in learning Islamic religion. The research method employed is qualitative descriptive. The findings of this study illustrate that the implementation of the direct method has a significant positive impact on enhancing the motivation of the students. In this research, the students displayed increased enthusiasm, diligence, and zeal in studying Islam. The direct method appears to be successful in igniting their interest in religious education and encouraging them to be more dedicated in their pursuit of understanding Islam. These findings make a significant contribution in the context of religious education and the development of effective teaching methods.

 

Abstrak

Motivasi sangat berperan dalam pendidikan, dengan motivasi peserta didik akan tekun, rajin, bersemangat dalam belajar serta menjadi orang yang berkualitas. Namun pada MDA Al-hidayah Jorong Marambuangmasih ada santri yang malas-malasan serta kurang bersemangat dalam mempelajari agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang seberapa penting penggunaan metode langsung (direct method) untuk meningkatkan motivasi belajar Agama Islam santri di MDA Alhidayah Jorong Marambuang. Metode yang digunakan adah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa penerapan metode langsung (direct method) memiliki dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar para santri. Dalam penelitian ini, para santri menunjukkan peningkatan dalam antusiasme, ketekunan, dan semangat mereka dalam mempelajari agama Islam. Metode langsung ini tampaknya berhasil membangkitkan minat mereka dalam pembelajaran agama dan mendorong mereka untuk lebih berdedikasi dalam mengejar pemahaman agama Islam. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam konteks pendidikan agama dan pengembangan metode pengajaran yang efektif.


Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/.v1i1.6846

References

Garryn C. Ranuntu, G. J. T. (2018). Peran lagu dalam pengajaran bahasa inggris tingkat dasar. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 4(1), 99–110.

Juriana, J. (2018). Pentingnya Penggunaan Bahasa Inggris dalam Komunikasi Dakwah pada Era Global. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 8(2), 241–258. https://doi.org/10.32923/maw.v8i2.773

Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Putri, R. M., Wanabuliandari, S., Arsyad, M., & Fardani. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Mi Tarbiyatul Islamiyah Didesa Winong. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Snapmat) 2022, 2, 29–36. https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/177%0Ahttps://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/download/177/188

Rahmad, P. S. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Ramdhani, K., & Waluyo, K. E. (2020). Penerapan Direct Method Dalam Mempercepat Kemampuan Bahasa Arab Santri (Studi Kasus di Pondok Modern Nurussalam Karawang). IJAS: Indonesian Journal of Arabic Studies, 2(1), 129. https://doi.org/10.24235/ijas.v2i1.6328

Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882

Sophya, I. V., & Sophya, I. V. (2013). Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Pada Anak Usia Dini. Thufula : Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 1, 1–21.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89

Syamsurizal & Dewi Khusuma. (2022). Permainan Kartu Quartet Tokoh Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Kelas Xi Di Ma. Jurnal Bimbingan Konseling, 8, 1–13.

Thariq, P. A., Husna, A., Aulia, E., Djusfi, A. R., Lestari, R., Fahrimal, Y., & Jhoanda, R. (2021). Sosialisasi Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(2), 316. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i2.2835

Wafiroh, L., Arifin, M., & Sholihah, H. (2019). Upaya Guru PAI Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa PAI Teacher Efforts to Increase Learning Motivation. Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 2, 1438.

Wulandari, D. R. (2022). JURNAL PARADIGMA p-ISSN: 2406-9787/e-ISSN: 2723-3480 Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Magetan. Paradigma, 13(1), 82–94.

Yusuf, N. Z. B. M. (2015). Bahasa Antara Dalam Pembelajaran Bahasa Melayu Sebagai Bahasa Kedua. In Независимое Военное Обозрение (Issue 16.1.2015).




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/.v1i1.6846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________________________________________________________________
Academia.Edu

SURAU : Journal of Islamic Education
e-ISSN :
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/surau

E : surau.journal@uinbukittinggi@gmail.com
"View Stats"
Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License