Sekoper Cinta: Solusi Peningkatan Kualitas Perempuan di Tatar Sunda


Authors :
(1) Neng Eri Sofiana Mail (Pesantren Mahasiswa Al-Mutawakkil Ponorogo, Indonesia)

Abstract


West Java for the past three years has been included in the top three provinces with the highest number of divorces and the highest rate of child violence. Ridwan Kamil and the Chief of the West Java PKK launched 'Sekoper Cinta' or women's school held by the DP3AKB which make an affort to empower women to achieve equality , participation, access, roles, benefits and control between women and men in all fields. This school has held a graduation ceremony for 2,700 women on October 22, 2019. This program is held to improve the quality of women so they can reduce the rate of divorce and violence against children. So, how is this program carried out in West Java, can it reduce the existing divorce rate? Can it be applied in other areas as a solution to protect women and children? In fact, Sekoper Cinta is able to make women and mothers more empowered and qualified with a lot of materials that encourage family resilience and economic independence, so that if applied it will certainly be able to reduce the divorce rate in West Java and this program can be used as guidelines and examples for other areas because the results are able to give freedom to women from gender injustice.

 

Jawa Barat selama tiga tahun terakhir ini termasuk ke dalam tiga besar provinsi dengan jumlah perceraian terbanyak dan angka kekerasan anak terbesar. Ridwan Kamil beserta Ketua PKK Jawa Barat meluncurkan ‘Sekoper Cinta’ atau Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita sebagai sekolah khusus perempuan yang diadakan oleh Pemprov Jawa Barat dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) yang berupaya dalam memberdayakan para perempuan demi mewujudkan kesetaraan, partisipasi, akses, peran, manfaat, dan kontrol antara perempuan dan laki-laki di semua bidang. Sekolah ini telah mengadakan wisuda bagi 2.700 perempuan pada 22 Oktober 2019 lalu. Program ini diadakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas perempuan sehingga dapat menekan angka perceraian dan kekerasan terhadap anak. Maka, bagaimana program ini dilakukan di Jawa Barat, apakah dapat menekan angka perceraian yang ada? Apakah mampu diterapkan di wilayah lain sebagai solusi melindungi kaum perempuan dan anak? Ternyata, Sekoper Cinta mampu membuat perempuan dan ibu-ibu lebih berdaya dan berkualitas dengan sekian banyak materi yang mendorong kepada ketahanan keluarga dan kemandirian ekonomi, sehingga jika diaplikasikan tentu akan mampu menekan angka perceraian yang ada di Jawa Barat dan program ini dapat dijadikan pedoman serta contoh bagi wilayah lainnya karena hasilnya yang mampu memberi kebebasan kepada perempuan dari ketidakadilan gender.


Keywords


Sekoper Cinta; Woman’s quality; Tatar Sunda

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/humanisme.v4i2.3522

References

Daftar Pustaka

Buku Teks

Febrini, Deni, (2017) Bunga Rampai Islam dan Gender. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nashih Ulwan, Abdullah, (2012), Pendidikan Anak dalam Islam (Tarbiyatul Aulad fil Islam), Penterj. Arif Rahman Hakim dan Abdullah Halim. Solo: Insan Kamil.

Qibtiyah, Alimatul, (2018), Feminisme Muslim di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Suara Muhammadiyah.

Ruhaini Dzuhayatin, Siti, (2015), Rezim Gender Muhammadiyah. Yogyakarta: Suka Press UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Pustaka Pelajar.

Salahudin, Asep, (2017), Sufisme Sunda: Hubungan Islam dan Budaya dalam Masyarakat Sunda. Bandungh: Penerbit Nuansa.

Suryani, Elis, (2011), Ragam Pesona Budaya Sunda. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Jurnal Ilmiah

Aswiyati, Indah, Peran Wanita dalam Menunjang Perekonomian Rumah Tangga Keluarga Petani Tradisional Untuk Penanggulangan Kemiskinan Di Desa Kuwil Kecamatan Kalawat, Jurnal Holistik, No. 17, 2016, h. 5.

Deliana, Nurfarida, Gerakan Emansipasi Ruhana Kuddus dalam Memperjuangkan Kesetaraan Pendidikan Perempuan di Minangkabau, Humanisma:Journal of Gender Studies , Vol 03 No. 02, 2019, h. 171.

Efendy, Rustan, Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan, Jurnal Al-Maiyyah, Volume 07 No. 2, 2014, h.

Hanapi, Agustin. Peran Perempuan Dalam Islam, Gender Equality: Internasional Journal Of Child And Gender Studies, Vol. 1, No. 1, 2015, h. 156.

Hani Almasitoh, Ummu. Model Terapi dalam Keluarga, Jurnal Magistra, No. 08, 2016, h. 27.

Heryana, Agus, Mitologi Perempuan Sunda, Jurnal Patanjala, Vol. 4, 2012, h. 167.

Isnenders dan Ucu Firmansyah, Retty . Masyarkat Sunda dalam Sastra: Komparasi Moralitas dan Kepribadian, Jurnal Lokabasa, Vol. 4, 2013, h. 89.

Jasmienti dan Nofrianti Putri Utami, Peran Perempuan Single Mother dalam Keluarga Miskin di Jorong Balai Mansiro Nagari Guguak VIII Koto, Humanisma: Journal of Gender Studies, Vol. 3, No. 02, 2019, h. 130.

Lestari, Dian. Eksistensi Perempuan dalam Keluarga (Kajian Peran Perempuan sebagai Jantung Pendidikan anak), Muwazah, Vol. 8, No. 2, 2016, h. 259.

Muhammad, Husein. Islam dan Pendidikan Perempuan, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. III, No. 2, 2014, h. 238.

Pawitasari, Erma. Pendidikan Khusus Perempuan antara Kesetaraan Gender dan Islam, Tsaqafah, Vol. II, No. 2, 2015, h. 264.

Pidarta, Made. Peranan Ibu Dalam Pendidikan Anak, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4 Nomor 4, 1997, 241.

Rakhmawati, Istina. Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak, Jurnal Bimbingan Koseling Islam, Vol. 6, 2015, h. 7.

Rofiah dan Kustini, Nur. Perkawinan di Bawah Umur (Potret Buram Anak Perempuan di Cainjur. Jurnal Harmoni. 2014, h. 148.

Rofiah, Nur. Kekerasan Dalam Rumah Tangga Dalam Perspektif Islam. Jurnal Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya. Vol. 1. 2017, h. 41-42.

Safaruddin dan Jumanto, Peran Ibu dalam Pendidikan Keluarga Untuk Mendukung Keberhasilan Pendidikan Formal Anak di Sekolah Dasar, Jurnal Profesi Pendidik, Vol. 3, 2016, h. 45.

Siri, Hasnani. Gender Dalam Perspektif Islam, Jurnal Al-Maiyyah, Volume 07 No. 2, 2014, h. 247.

Syahran Jailani, M. Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini, Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8 No. 2, 2014, 246.

Wahyu Sururie dan Harry Yuniardi, Ramdani. Perceraian Dalam Keluarga Muslim di Jawa Barat, Jurnal Al-Manahij, Vol. 12, 2018, h. 272.

Yulianty Iskandar, Rani. Citra Perempuan Sunda di Dalam Karya Sastra dan Film”, Jurnal Sosioteknologi, edisi 26 , 2012, h. 99.

Zuwardi, Peran Perempuan dalam Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Perempuan Pedagang Kaki Lia di Simpang Tugu Togo Baleh, Kelurahan Pakan Labuha, Kota Bukittinggi, Humanisme:Journal of Gender Studies , Vol 04 No. 01, 2020, h. 65.

Makalah Ilmiah dan Artikel

Fitri Febriyanti, Tirza. Pemberdayaan Perempuan dalam Menngkatkan Pendidikan Karakter Melalui Program Sekoper Cinta (Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita) di Kota Bandung: Studi Deskriptif DP3APM Kota Bandung (Skrispi Universitas Pendidikan Indonesia, 2019).

Zahrok dan Wayan Suarmini, Siti. Peran Perempuan dalam Keluarga, Prosiding Semateksos 3 Startegi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Referensi Online dan Wawancara

Akmal, Thareq. “Tiga Provinsi dengan Jumlah Perceraian Tertinggi”, https://smartlegal.id/smarticle/layanan/2018/12/20/tiga-provinsi-dengan-jumalh-perceraian-tertinggi, diakses pada tanggal 21 November 2019.

https://cianjur.pojoksatu.id/baca/kiprah-siti-jenab-di-dunid-pendidikan-semangat-juang-mencerdaskan-masyarakat-cianjur

https://www.jelajahgarut.com/raden-ayu-lasminingrat

Kasim, “Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan Ada di Jawa Barat”, https://fokusjabar.com/m/berita-pantura/kasus-kekerasan-anak-dan-perempuan-tertinggi-ada-di-jawa-barat-h32714.html, diakses pada tanggal 21 November 2019.

Retno, Windiyati. “Ada 819 Kekerasan pada Anak di Jabar selama 2018 Terbanyak Sukabumi”, https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2019/04/03/ada-819-kasus-kekerasan-pada-anak-di-jabar-2018-terbanyak-di-sukabumi, diakses pada tanggal 21 November 2019.

Surya. “Modul Sekoper Cinta Kota Sukabumi”, https://id.scribd.com/document/414590694/Modul-Sekoper_Cinta-d-e-f diakses pada 19 September 2020.

Sutrisno, Debbie. “Turunkan Angka Stunting, Pemprov Jabar Luncurkan Desa Cageur”, https://jabar.idntimes.com/newa/jabar/debbie-sutrisno/turunkan-angka-stunting-pemprov-jabar-luncurkan-desa-cageur/full, diakses pada Kamis 21 November 2019.

www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/

www.intagram/sekoper_cinta




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/humanisme.v4i2.3522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Neng Eri Sofiana,

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________
Academia.Edu

HUMANISMA : Journal of Gender Studies
e-ISSN / p-ISSN : 2580-7765 / 2580-6688
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/psga

E : humanisma.uinbukittinggi@gmail.com - humanisma@uinbukittinggi.ac.id
"View Humanisma Stats"
Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License