AKTIFITAS ISTRI PENCETAK BATU-BATA MEMBANGUN EKONOMI KELUARGA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG PEMPENGARUHINYA DI NAGARI TANJUNG BETUNG KABUPATEN PASAMAN


Authors :
(1) Jon Kenedi Mail (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Indonesia)

Abstract


Di nagari Tanjung Betung, sebagian besar para istri bekerja mencetak batu-bata. Tulisan ini mendeskripsikan aktifitas para istri di nagari tersebut dalam mencetak batu-bata dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Analisis dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil Analisis menemukan bahwa sebagian besar para istri yang bekerja mencetak batu bata di Tanjung Betung ini adalah untuk memenuhi kebutuhan keluarga, baik karena pendapatan keluarga menurun maupun karena pengeluaran keluarga yang meningkat. Kata Kunci : istri, mencetak batu-bata, ekonomi keluarga.

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/jh.v1i1.277

References

Alma, Buchari. 2001. Kewirausahaan. Edisi Revisi, Bandung : Alfabeta.

Astuti, Asri Wahyu Widi. 2013, Peran Ibu Rumah Tangga dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga (Suatu kajian pemenuhan kebutuhan pendidikan anak pada 5 ibu pedagang jambu biji di Desa Bejen Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung), Skripsi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, tidak diterbitkan.

Aswiyati, Indah. 2016, Peran Wanita dalam Menunjang Perekonomian Rumah Tangga Keluarga Petani Tradisonal untuk Penanggulangan Kemiskinan Di Desa Kuwil Kecamatan Kalawat, Jurnal Holistik, Tahun IX No. 17/Januari-Juni 2016.

Asyiek, Fauzia, Syahri dan Molo, Marcelinus. 1994, Wanita, Aktivitas Ekonomi dan Domestik: Kasus Pekerja Industri Rumah Tangga Pangan di Sumatra Selatan, Pusat Penelitian Kependudukan. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Br Perangin-Angin, Normina dan Andreas Sukamto. 2014, Kontribusi Pekerja Perempuan terhadap Pembentukan Pendapatan Keluarga (Studi Kasus : Pekerja Perempuan Industri Kerajinan Gerabah di Pedukuhan Kajen, Desa Bangun Jiwo, Kecamatan Kasihan , Kabupaten Bantul, DIY Tahun 2014, Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Firdiansyah R., M. Arnas, 2009, Pengaruh Motivasi Bekerja Perempuan di Sektor Informal terhadap Pembagian Kerja dan Pengambilan Keputusan dalam Keluarga (Kasus Pedagang Sayur di Kampung Bojong Rawa Lele, Kelurahan Jatimakmur, Kecamatan Pondok Gede, Kabupaten Bekasi), skripsi sarjana pada Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor, tidak diterbitkan.

Loekman Soetrisno. 1997. Kemiskinan, Perempuan, dan Pemberdayaan. Kanisius. Yogyakarta.

Maya, Inti. 2008, Peran Perempuan Dalam Ekonomi Rumah Tangga (Fakultas Ushuludin, Jurusan Sosiologi Agama, UIN Sunan Kalijaga, ). Skripsi tidak diterbitkan.

Munandar, Utami. 1985. Emansipasi dan Peran Ganda. UI, Jakarta.

Mudzhar, H.M.Anto, Dll. 2001. Wanita Dalam Masyarakat Indonesia Akses, Pemberdayaan dan Kesempatan. Sunan Kalijaga Press. Yogyakarta.

Philip Robinsons, 1986, Sosiologi Pendidikan, ( Jakarta: CV Rajawali).

Sajogyo, Pudjiwati. 1985. Peranan Wanita dalam Pembangunan Masyarakat Desa. CV. Rajawali, Jakarta.

Sudarwan Danim, 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. (Bandung: Pustaka Setia).

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta), hlm. 207.

Tin Agustina Karnawati, 2012. Wanita dan Partisipasinya terhadap Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, Disertasi. Universitas Negeri Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/jh.v1i1.277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jon Kenedi

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

______________________________________________
Academia.Edu

HUMANISMA : Journal of Gender Studies
e-ISSN / p-ISSN : 2580-7765 / 2580-6688
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/psga

E : humanisma.uinbukittinggi@gmail.com - humanisma@uinbukittinggi.ac.id
"View Humanisma Stats"
Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License