POLA ASUH DEMOKRATIS SEBAGAI SOLUSI ALTERNATIF PENCEGAHAN TINDAK KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK


Authors :
(1) Arjoni Arjoni Mail (IAIN Bukittinggi, Indonesia)

Abstract


Anak merupakan anugerah Allah yang diamanahkan kepada Orang tua. Anak hendaknya dijaga, diasuh dan dididik menjadi pribadi yang memiliki karakter cerdas, dan kekuatan spiritual keagamaan tangguh dan produktif. Beberapa ekade melalui berbagai media informasi yang tersebar diketahui marak terjadi kekerasan seksual terhadap anak-anak. PERMEN PPPA RI No 06 tahun 2011 tentang panduan pencegahan kekerasan terhadap anak di lingkungan keluarga, masyarakat, dan lembaga pendidikan menegaskan;“upaya pencegahan kekerasan terhadap anak diantaran dilakukan oleh keluarga”.Tujuan penelitian dimaksudkan mengetahui solusi alternatif pencegah tindak kekerasan pada anak yang diantaranya melalui pola asuh demokratis. Metodologi penelitian ini studi kepustakaan dengan metode analisis deskrftif yakni mengumpulkan data, menyusun atau mengklasifikasi, menganalisis, dan menginterpretasi data bersumber dari hasil penelitian, jurnal, artikel, buku, ensklopedi, dan sumber kepustakaan lainya. Hasil penelitian mengungkapkan perlakuan orang tua melalui pola asuh demokratis berbasis kekuatan spiritual keagamaan sebagai solusi alternatif mencegah tindakan kekerasan seksual pada anak. Adapun perlakuan yang dimaksud yakni orang tua suka berdiskusi dengan anak, mendengarkan keluhan anak, memberi tanggapan, komunikasi yang baik, tidak kaku/luwes. Dengan demikian diharapkan implementasi pola asuh tersebut mampu mencegah terjadinya tindak kekerasan pada anak.

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/jh.v1i1.266

References

Alfi Rahmi, 2016. Pendidikan Seks Usia Dini sebagai Tindakan Preventif Kekerasan Seksual Seksual Pada Anak, Bukitinggi: IAIN Bukittinggi.

Aliah B. Purwakania Hasan, 2006, Psikologi Perkembangan Islami, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Habib Thoha, 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka pelajar offset.

Danny I. Yatim dan Irwanto. 1991. Kepribadian Keluarga dan Narkotika, Jakarta: Arcan.

Elizabeth B. Hurlock. (1999). Perkembangan Anak. Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research. Yogyakarta : Fak.Psikologi UGM. 1990.

Ira Petranto. (2005). Pola Asuh Anak.(diakses, Okteber 2016).http://www.polaasuhanak.com.

Irwan Prayitno. (2003). Anakku Penyejuk Hatiku . Bekasi: Pustaka Tarbiatuna.

Koentcoro, 2016. Proceeding; DiteksiDinidanPencegahan LGBT:

Pedophile dan LGBT, Bukittinggi; IAIN Bukittinggi.

Muhammad Nasir. 1985. Metode Penelitian . Jakarta : Ghalia Indonesia

Nursapia harahap, 2014. Penelitian Kepustakaan Jurnal Iqra’ Volume 08 No.01 Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN-SU Medan.

Rina M. Taufik. 2007. Pola Asuh Orang Tua. (diakses, 9 Okteber 2016) http://www.tabloid_nakita.com.

Rizal Effendi, 2016. Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Balikpapan,diakses (selasa, 11 Oktober 2016: http://news.okezone.com/read/2016/09/14/340/1488834/19-kasus-kekerasan-seksual-terhadap-anak-terjadi-di-balikpapan.

Sciarra, D. 2004. School Counseling: Foundations and Contemporary Issues.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers. 1995.

Sari, A. P. (2009) Penyebab Kekerasan Seksual terhadap Anak dan Hubungan Pelaku dengan Korban. Diunduh tanggal 27 Juli 2009 dari http://kompas.com/index.php/read/xml/2009/01/28/

Syahrin Harahap. 1995. Metodologi Studi dan Penelitian Ilmu-Ilmu Ushuluddun. Jakarta: Rajawali Pers.

Syamsu Yusuf LN, 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Bandung: Remaja Rosdakarya.

_______________, 2016. Proceeding;Pencegahan Prilaku LGBT Dalam Upaya Membangun Generasi yang Berkakhlak Mulia; Prespektif Pendidikan dalam Setting Keluarga dan Sekolah, Bukittinggi; IAIN Bukittinggi.

Wisnu Sri Hertinjung, 2009.The dinamyc of causes of child sexual abuse based on availability of personal space and privacy; Surakarta Fakultas Psikologi UMS.

Suradi, 2013. Problema Dan Solusi Strategis Kekerasan Terhadap Anak Problema And Strategic Solutions Violence Against Children, Jakarta Timur; Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial RI

Kartika Nur Fathiyah, 2010. Jurnal Paradikma; Peran konselor sekolah untuk penangananKekerasan seksual pada anak, Yogyakarta;Jurusan Psikologi Pendidikan dan BimbinganFakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Yogyakarta.

Prinea Romantika, 2014. Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Anak Oleh Pusat Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2PA) di Kab.Wonogiri; Yogyakarta; UIN Sunan Kalijaga.

Ivo Noviana, 2015. Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Dampak Dan Penanganannya Child Sexual Abuse: Impact And Hendling, Jakarta; Pusat Penelitian dan Pengembangan KesejahteraanSosial, Kementerian Sosial RI.

Indah wulandari, 2010. Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Sikap Terhadap Prilaku Seksual Remaja, Yogyakarta; Yogyakarta; UIN Sunan Kalijaga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/jh.v1i1.266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Arjoni M.Pd

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

______________________________________________
Academia.Edu

HUMANISMA : Journal of Gender Studies
e-ISSN / p-ISSN : 2580-7765 / 2580-6688
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/psga

E : humanisma.uinbukittinggi@gmail.com - humanisma@uinbukittinggi.ac.id
"View Humanisma Stats"
Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License