HASIL BELAJAR DAN SIKAP SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM MERINGKAS TEKS DENGAN MIND MAP


Authors :
(1) Deswalantri Deswalantri Mail (IAIN Bukittinggi)

Abstract


Hasil belajar antara siswa laki-laki dan perempuan dalam meringkas teks eksplanasi dengan mind map menunjukkan perbedaan. Rata-rata nilai perrempuan lebih tinggi daripada laki-laki. Hal yang sama terdapat pada penilaian sikap religius, jujur, dan santun. Namun, penilaian sikap tanggung jawab memperlihatkan hasil yang unik, keduanya mempunyai nilai yang sama.

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/jh.v2i1.245

References

Atkinson, Rita L, et al. 2010 .Pengantar Psikologi I. edisi VIII. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Arifin, Zaenal E. dan S. Amran Tasai. 2010. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressendo.

Aziz, R. 1999. “Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Penyesuaian Diri dengan Kecenderungan Berprilaku Delinkuen pada Remaja”, Tesis, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Handayani, C.S. & Novinato, A. 2004. “Kuasa Wanita Jawa”. LkiS.

Keraf, Gorys. 2001. Komposisi. Flores NTT: Nusa Indah.

Kurniasih, Beni dan Berlian Sani (2014). RPP yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Penrbit Kata Pena.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain PembelajaranBahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawitasari, J.E., &Kahn, M.W. 1985. Personality Differences and Sex Similarities in American and Indonesian Collage Students, The Journal of Social Psychology.

Riduwan, 2009. Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Umar, Nasaruddin, 1999. Argumen Kesetaraan Jender Perspektif Al-Qur'a.n Jakarta: Paramadina.

Widiasworo, Erwin. 2017. Study Smart: Rahasia Sukses Belajar dengan Mudah, Nyaman, Tanpa Stress, dan tetap Menyenangkan. Jakarta: PT Kompas Gramedia.

Widura. 2008. Mind Map: Langkah demi Langkah. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Nasaruddin Umar, Argumen Kesetaraan Jender Perspektif Al-Qur'an (Jakarta:Paramadina, 1999), h. 35




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/jh.v2i1.245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 deswalantri deswalantri

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

______________________________________________
Academia.Edu

HUMANISMA : Journal of Gender Studies
e-ISSN / p-ISSN : 2580-7765 / 2580-6688
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/psga

E : humanisma.uinbukittinggi@gmail.com - humanisma@uinbukittinggi.ac.id
"View Humanisma Stats"
Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License