Penalaran Siswa Laki-laki dan Perempuan dalam Proses Pembelajaran Matematika
Authors :
(1) Pipit Firmanti (Program Studi Pendidikan Matematika IAIN Bukittinggi, Indonesia)
Abstract
Full Text:
PDF| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/jh.v1i2.220
References
DAFTAR PUSTAKA
Amir, Zubaidah. 2013. Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Marwah. Vol. XII No. 1 Juni
Bassey, Sam William et. al. (2008). Gender Differences and Mathematics Achievement of Rural Senior Secondary Students in Cross River State, Nigeria. http://cvs.gnowledge.org/episteme3/pro_pdfs/09-bassyjoshua-asim.pdf.(Online) diakses tanggal 27 November 2012
Clerkin, Ben and Fiona Macrae. (2006). Men Are More Intelligent Than Women, Claims New Study. http://www.dailymail.co.uk/news/article- 405056/Men-intelligent-women-claims-new-study.html. (Online) diakses tanggal 27 November 2012
English, Lyn D. 2004. Mathematical and Analogical Reasoning of Young Learners. London: Lawrence Erlbaum Assosiates Publisher.
Firmanti, Pipit. 2014. Profil Berpikir Deduktif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau dari Gender. Tesis. PPs Unesa Surabaya.
Laili, Nur Hidayati. (2009). Proses Berfikir Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Belajar Dan Perbedaan Gender. Tesis. PPs Unesa Surabaya.
Maccoby, E, and C.N. Jacklin. (1974). Psychology of Sex Differences. Stanford: Standford University Press
Muhsetyo, Gatot, Pembelajaran Matematika SD, Jakarta: Universitas Terbuka, 2009.
Nafi’an, Muhammad Ilman. (2011). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Ditinjau Dari Gender Di Sekolah Dasar Yogyakarta: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta 3 Desember 2011.
Nunsiyah, Siti. 2011. Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita dengan Langkah-langkah Polya pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Perspektif Gender. Skripsi. Universitas Sebelas Maret
Ramadan. (2010). Perbedaan tindak tanduk anak lelaki dan perempuan. http://ramadan.detik.com/read/2010/09/28/131541/1450341/764/perbedaan-tindak-tandukanak-lelaki-dan-perempuan. (Online), diakses 27 November 2012
Ruseffendi, E, T, 1980. Pengajaran Matematika Modern, Bandung.Tarsito.
Shadiq, Fadjar. 2007. Penalaran atau Reasoning. Perlu Dipelajari Para Siswa di Sekolah?. http://prabu.telkom.us/2007/08/29/penalaran-atau-reasoning/ Diakses pada tanggal 11 Maret 2012.
Slameto. (1995). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sriyanto. 2007. Strategi sukses menguasai Matematika. Jakarta: PT. Buku Kita.
Sudjana, Nana. 1992. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Transito
Sumantri, Jujun Suria. 1995. Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Soemanto, Wasty. (2006). Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.
Thontowi, Ahmad. 1993. Psikologi Pendidikan. Bandung: Angkasa
Thienhuong. N. Hoang. (2008). The effects of grade level, gender, and ethnicity on attitude and Learning environment in mathematics in high school. www.iejme.com (jurnal online), diakses 23 November 2012
Tina, Wedege. (2007). Gender perspectives in mathematics education: intentions of research in Denmark and Norway. http://people.exeter.ac.uk/pernest/pome20/index.htm. (Jurnal Online), diakses 27 November 2012
DOI: http://dx.doi.org/10.30983/jh.v1i2.220
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Pipit Firmanti
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
______________________________________________
HUMANISMA : Journal of Gender Studies |