Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa


Authors :
(1) Nur Ramadhani Mail (Universitas Al Washliyah, Rantauprapat, Indonesia)
(2) Mesra Wati Ritonga Mail (Universitas Al Washliyah, Rantauprapat, Indonesia)
(3) Endi Zunaedy Pasaribu Mail (Universitas Al Washliyah, Rantauprapat, Indonesia)
(4) Siska Yulia Rahmi Mail (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia)

Abstract


The ability to solve mathematical problems is one of the competencies that must be mastered by students so that learning objectives are achieved properly. Therefore, an appropriate method is needed in learning mathematics at school. The purpose of this study was to determine whether there was an influence of Type STAD Cooperative Learning on the mathematical problem solving abilities of class X students of SMKS Siti Banun TA. 2020-2021. This type of research is quantitative with quasi-experimental methods. The sampling technique in this study was saturated sampling consisting of two classes with each class consisting of 38 students. The instrument used in this study was a test of mathematical problem solving abilities in the form of a description. The research hypothesis was analyzed using the t-test. Based on the results of the analysis, it was concluded that there was an influence of Type-STAD cooperative learning on the mathematical problem solving abilities of class X students of SMK Siti Banun TA. 2020-2021. This is evidenced by the results of the analysis with the help of the SPSS program which shows a significance number of 0,00 < 0,05.


Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kompetensi yang wajib dikuasai oleh siswa agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan metode yang tepat dalam pembelajaran matematika di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMKS Siti Banun TA. 2020-2021. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu sampling jenuh yang terdiri dari dua kelas dengan masing-masing kelas terdiri dari 38 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk uraian. Hiptesis penelitian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif Tipe-STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa  kelas X SMK Siti Banun TA. 2020-2021. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis dengan bantuan program SPSS yang menunjukkan angka signifikansi 0,00 < 0,05..


Keywords


Pembelajaran Kooperatif, STAD, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/lattice.v2i2.6014

References

Janner Simarmata et al., Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.

N. Sudjana, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010.

M. Ibrahim, F. Rachmadiarti, M. Nur, and Ismono, Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-University Press, 2020.

U. Sumarmo, “Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Tahun 2002 Sekolah Menengah,” Gorontalo, 2005.

H. dan U. S. Hendriana, Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2016.

A. Taufik and I. Arsid, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS,” Histogram J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 581–589, 2020.

L. I. Komalasari, “Analisis Kemampuan Siswa dan Guru dalam Menyelesaikan Masalah Matematika,” Histogram J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, pp. 189–198, 2019.

S. H. Hutasuhud, “Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, TPS, dan TAI di SMP Negeri 1 Labuhan Deli,” UNIMED, 2018.

S. Nasution, Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

R. A. Sani, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 2019.

H. Karli and M. S. Yuliariatiningsih, Implementasi kurikulum berbasis kompetensi : model-model pembelajaran. Bandung: Bina Media Informasi, 2004.

H. S. Tanjung, “Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui Model Pembelajaran Kooperatif,” Mat. J., vol. 3, no. 2, pp. 59–68, 2016.

E. Suherman, Turmudi, Herman, Suhendra, Nurjanah, and Rohayati, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI Press, 2003.

Tuah and S. Y. Rahmi, “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa,” Al-Khawarizmi J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, 2020.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Hartono, Analisis Item Instrumen. Pekanbaru: Zanafa Publishing, 2015.

Z. Arifin, Evaluasi Pembelajaran, Kedelapan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016.

E. Suherman, Evaluasi Pengajaran Matematika. Bandung: UPI Press, 2003.

E. Z. Pasaribu et al., Belajar Statistika: Siapa Takut dengan SPSS. 2020.

L. Oakley, Cognitive Development. London: Routledge, 2004.

Z. Abidin, “Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika,” Panthera J. Ilm. Pendidik. Sains dan Terap., vol. 1, no. 1, pp. 19–24, 2021.

E. T. Ruseffendi, Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito, 1991.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/lattice.v2i2.6014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Ramadhani, Mesra Wati Ritonga, Endi Zunaedy Pasaribu, Siska Yulia Rahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

The Journal Indexed by:
MORAREF GARUDA Google Scholar Crossref

Creative Commons License
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License