Hubungan Disposisi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika


Authors :
(1) Riva Rezita Mail (UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi, Bukittinggi, Indonesia)
(2) Tasnim Rahmat Mail (UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi, Bukittinggi, Indonesia)

Abstract


The purpose of this research is to determine whether or not there is a significant relationship between mathematical disposition and problem-solving abilities in mathematics in class XI science students at SMAN 2 Bukittinggi in 2020/2021. This type of research is correlational research. The population in this study were all students of class XI IPA SMAN 2 Bukittinggi as many as 4 classes totaling 140 students. The sample in this study were 21 students who were taken randomly. The instrument used is a mathematical disposition questionnaire and a problem-solving ability test on mathematics subjects filled out by the respondents. From the results of data analysis obtained F_count > F_table which is 17.37 > 3.57 so that the data of mathematical disposition towards solving mathematical problems has a linear pattern. The strength of the relationship is shown by the correlation coefficient rcount = 0.691. This means that there is a strong and significant positive relationship between mathematical disposition and problem-solving abilities in mathematics in class XI science students at SMAN 2 Bukittinggi in 2020/2021.

Tujuan dilaksanakannnya penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara disposisi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika pada siswa kelas XI IPA di SMAN 2 Bukittinggi tahun 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 2 Bukittinggi sebanyak 4 kelas yang berjumlah 140 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 21 orang siswa yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan adalah angket disposisi matematis dan soal tes kemampuan pemecahan masalah terhadap mata pelajaran matematika yang diisi oleh responden. Dari hasil analisis data diperoleh    yaitu  >  sehingga data disposisi matematis terhadap pemecahan masalah matematika berpola linier.  Kekuatan hubungan ditunjukkan oleh koefisien korelasi rhitung = 0,691 ini berarti ada hubungan positif yang kuat dan  signifikan antara disposisi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah terhadap mata pelajaran matematika pada siswa kelas XI IPA di SMAN 2 Bukittinggi tahun 2020/2021.


Keywords


Disposisi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah


| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/lattice.v2i1.5062

References

Kemendikbud, Permendiknas 2006 tentang SI dan SKI. 2006.

D. Lestari, Lisa Ayu, “). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Materi Integral Tak Tentu Siswa Kelas XII IPA SMAN 4 Jember,” J. Edukasi, vol. III, 2016.

R. Karunia, EL Dan Mokhammad, Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama, 2015.

A. Mahmudi, “Tinjauan Asosiasi Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Mtematis Dan Disposisi Matematis,” Makal. Semin. Nas. Pendidik. Mat. FMIPA Univ. Negeri Yogyakarta, p. 5, 2010.

Gisela, “Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” J. Kependidikan Mat., vol. 1, no. 1, p. 42, 2019.

S.Mawaddah dan S.Anisah, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif,” J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, pp. 167–168, 2015.

D. Imammuddin, M, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Belajar,” J. Pendidik. Dan Pembelajaran Mat., vol. 3, no. 1, 2019.

P. F. Tasnim Rahmat, “Proses Berpikir Mahasiswa Pmtk Iain Bukittinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika,” J. Tarb., vol. 24, no. 2, pp. 330–350, 2017.

T. pipit firmanti Rahmat, “Proses Berpikir Mahasiswa PMTK IAIN Bukittinggi dalam menyelesaikan Masalah Matematika,” Tarb. UINSU medan, 2018.

A. Amam, “Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP,” J. Teor. dan Ris. Mat., vol. Vol. 2, No, 2017.

Hartatiana, “Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Berbasis Argumen,” J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 5, p. 147, 2011.

S. Ariani, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara,” J. Elem., vol. 3, no. 1, p. 28, 2017.

Ali Mahmudi, “Tinjauan Asosiasi Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Mtematis Dan Disposisi Matematis,” Makal. Semin. Nas. Pendidik. Mat. FMIPA Univ. Negeri Yogyakarta, p. 5, 2010.

A. Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo, 84AD.

T. Y. E. Siswono, Penelitian Pendidikan Matematika. Surabaya: Unesa University Press, 2006.

Riduwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2005.

W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana, 2008.

F. S. Syafri, Pembelajaran Matematika Pendidikan Guru SD/MI. Yogyakarta: Matematika, 2016.

R. Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad, Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/lattice.v2i1.5062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Riva Rezita, Tasnim Rahmat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

The Journal Indexed by:
MORAREF GARUDA Google Scholar Crossref

Creative Commons License
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License