PENGEMBANGAN DAN PEMBANGUNAN DESTINASI HALAL PANTAI RUPAT DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT RUPAT


Authors :
(1) Joni Hendra Joni Mail (STAIN Bengkalis, Indonesia)
(2) Faridatul Munawarah Mail (STAIN Bengkalis, Indonesia)
(3) Silfi Amelia Riski Mail (STAIN Bengkalis, Indonesia)
(4) Endang Suwariya Mail (STAIN Bengkalis, Indonesia)

Abstract


Secara umum, sektor pariwisata dikembangkan oleh pemerintah konvensional, sementara itu yang Syariah tidak banyak berkembang. Wisata halal Islami sangat mendukung nilai-nilai keislaman yang berlandaskan Al Quran dan bersifat Sunnah. Konsep wisata halal tidak jauh berbeda dengan wisata pada umumnya, yang membedakan hanya produk halal yang ditawarkan, wisata harus sesuai dengan nilai-nilai Islam dan hal-hal yang ditetapkan oleh Majelis Ulama Indonesia. Perkembangan wisata halal di Indonesia saat ini sedang menjadi trend mengingat Indonesia memiliki penduduk muslim terbesar di dunia.Salah satu wisata halal yang mendapatkan penghargaan Abu Dhabi terletak di pulau Lombok Nusa Tenggara BaratPenelitian ini digunakan dengan menggunakan penelitian kualitatif yaitu metode pengumpulan data seperti studi pustaka, wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Lokasi penelitian tersebut dilakukan di yaitu Pulau Rupat Utara yang merupakan salah satu destinasi wisata Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.Pengembangan potensi wisata halal di Pantai Rupat Utara sangat erat kaitannya dengan peningkatan pendapatan masyarakat yang terus berkembang dengan dukungan pariwisata yang baik terutama bagi usaha kecil, menengah dan besar di sekitar daerah tujuan wisata. Dalam alam, pariwisata memiliki 3 (tiga) model ekonomi, yaitu: 1) wisatawan sebagai konsumen 2) pembayaran sesuai dengan tujuan 3) barang dan jasa. Pengembangan wisata halal merupakan strategi terpadu pemerintah untuk menarik wisatawan muslim ke destinasi wisata.Destinasi halal Pantai Rupat menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan Islam.. Fasilitas yang diberikan tidak hanya untuk umat Islam tetapi juga bersifat umum karena segmen wisata halal bersifat universal dan mencakup wisata budaya, alam, dan tradisional yang dapat dinikmati oleh konsumen wisata non muslim

Kata kunci: Destinasi Halal, Pantai Rupat 

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/krigan.v1i2.7979

References

REFERENSI

Ashari, Wiwin. “Potensi Pengembangan Pariwisata Halal Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Kabupaten Kepulauan Selayar.” Universitas Muhammadiyah Makassar, 2022.

Bustamam, Nawarti, and Susie Suryani. “Potensi Pengembangan Pariwisata Halal Dan Dampaknya Terhadap Pembangunan Ekonomi Daerah Provinsi Riau.” Jurnal Ekonomi KIAT 32, no. 2 (2022): 146–162.

Bukhari, M., & Hanafi, A. (2019). Halal Tourism Development in Muntai Beach, Bengkalis District, Riau Province. Tourism and Hospitality Research, 25-34.

Chookaew, S., Chanin, O., Charatarawat, Dkk, 2015. Increasing Halal Tourism Potential at Andaman Gulf in. Journal of Economics, Business, and Management, III (7).” (n.d.).

Damatik, Janianton dan Helmut F. Weber. Perencanaan Ejowisata Dari Teori Ke Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2006.

Fitriyyah, Mustiqowati Ummul. “Pengembangan Wisata Halal Dengan Model Pentahelix.” El-Riyasah 13, no. 2 (2022).

Nizar, M. A., & Aryunda, H. “Pengaruh Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia.” Jurnal Kepariwisataan Indonesia 6, no. 2 (2011).

Nouvanda, H, S. “Potensi Dan Prospek Wisata Syariah Dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah: Studi Kasus Kota Bandung).” Journal Of Business and Entrepreneurship 1, no. 2 (2019).

Puteri, Jesika, Syafri Harto, and Adianto. “Pengembangan Pariwisata Di Rupat Utara Dalam Perspektif Sustainable Tourism.” Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, dan Politik 5, no. 1 (2022).

Sastrayuda, G.S. Pariwisata Syariah, (2010)

Subarkah, A. R. “Diplomasi Pariwisata Halal Nusa Tenggara Barat.” Intermestic: Journal Ofinternational Studies 2, no. 2 (2018).

Sunaryo, Bambang. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep Dan Aplikasinya Indonesia. Yogyakarta: Gava Media, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/krigan.v1i2.7979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________________________________________________________________
Academia.Edu

Krigan: Journal of Management and Sharia Business
e-ISSN : 3025-7603
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/
krigan
E : krigan.journal@uinbukittinggi@gmail.com
"View Krigan Stats"
Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License