PENGARUH PDRP PERKAPITA TERHADAP DISPARITAS PENDAPATAN PROVINSI DI INDONESIA TAHUN 2017-2021 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM


Authors :
(1) Yerna Wiza Mail (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia)
(2) Hesi Eka Puteri Mail (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh PDRB Perkapita terhadap disparitas pendapatan provinsi di Indonesia tahun 207-2021 dan untuk menganalisis bagaimana pandangan ekonomi Islam tentang disparitas dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Nasional tahun 2017 sampai dengan 2021 menggunakan teknik pengambilan data dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi data panel, uji asumsi klasik data panel dan uji kelayakan model regresi dengan bantuan Eviews 12 SV. Pada penelitian ini didapatkan bahwa tingkat PDRB Perkapita (X) berpengaruh negatif terhadap tingkat disparitas pendapatan provinsi di Indonesia (Y). Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t yang dilakukan dimana pada kolom uji t didapatkan nilai -3,74146 dan t tabel sebesar -1,97427 yang artinya t hitung lebih kecil daripada t tabel sehingga berdasarkan kriteria pengambilan keputusan maka Ho ditolak. Besarnya pengaruh ini dapat dilihat pada analisis koefisien determinasi (R Squared) yang didapatkan hasil pengaruh tingkat PDRB perkapita terhadap disparitas pendapatan adalah 94,42% yang artinya tingkat PDRB perkapita berpengaruh signifikan terhadap disparitas pendapatan dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh PDRB Perkapita terhadap disparitas pendapatan provinsi di Indonesia tahun 207-2021 dan untuk menganalisis bagaimana pandangan ekonomi Islam tentang disparitas dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Nasional tahun 2017 sampai dengan 2021 menggunakan teknik pengambilan data dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi data panel, uji asumsi klasik data panel dan uji kelayakan model regresi dengan bantuan Eviews 12 SV. Pada penelitian ini didapatkan bahwa tingkat PDRB Perkapita (X) berpengaruh negatif terhadap tingkat disparitas pendapatan provinsi di Indonesia (Y). Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t yang dilakukan dimana pada kolom uji t didapatkan nilai -3,74146 dan t tabel sebesar -1,97427 yang artinya t hitung lebih kecil daripada t tabel sehingga berdasarkan kriteria pengambilan keputusan maka Ho ditolak. Besarnya pengaruh ini dapat dilihat pada analisis koefisien determinasi (R Squared) yang didapatkan hasil pengaruh tingkat PDRB perkapita terhadap disparitas pendapatan adalah 94,42% yang artinya tingkat PDRB perkapita berpengaruh signifikan terhadap disparitas pendapatan dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci: PDRB Perkapita; Disparitas; Kesejahteraan


Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/krigan.v1i2.7756

References

Aditya. 2020. “Analisis Ketimpangan Antar Wilayah Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Dengan Model Panel Data.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen.

Agung, Indradewa, Ketut Suardhika. 2017. “Pengaruh Inflasi, PDRB Dan Upah Minimum Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja.” Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan 2 (1).

Anisa. 2021. “Pertumbuhan Ekonomi, Penanaman Modal Asing (Pma), Penanaman Modal Dalam Negeri (Pmdn), Dan Upah Minimum Provinsi (Ump) Terhadap Ketimpangan.” Journal Of Business and Entrepreneurship.

Arsyad, L. 2010. Ekonomi Pembangunan. jogjakarta: UPP STIM YPKM.

Blonwan. 2020. “Temporal Dimensions of Unemployment and Relationship Happiness in the United Kingdom.” Journal of Economics, Business and Management.

Febriantika. 2020. “Analisis Pengaruh Ekonomi, Ketimpanagan Pendapatan, Dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Indeks Kebahagiaan Di Indonesia Tahun 2014 Dan 2017.” Jurnal Bisnis.

Fitra. 2021. “Faktor-Faktor Mempengaruhi Ketimpangan Wilayah Di Provinsi Jawa Timur, Indonesia.” Jurnal Bisnis Syariah.

Hartini. 2017. “Pengaruh PDRB per Kapita, Investasi Dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Ketimpangan Pendapatan Antar Daerah Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2011-2015.” Journal of Economics, Business and Management.

Hasibuan, Maryam Jamilah An. 2019. “Maryam Jamilah An Hasibuan.” Jurnal Gaussian 8 (1): 140.

Hendrawan. 2023. “PENGARUH TINGKAT KESEHATAN, PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) PER KAPITA, KETIMPANGAN PENDAPATAN, DAN TINGKAT PENGANGGURAN TERHADAP INDEKS KEBAHAGIAAN DI INDONESIA.” Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan.

Ibrahim. 2019. “Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Penanaman Modal Asing (PMA) Dan Pengangguran Terhadap Ketimpangan Pembangunan.” Journal Of Business and Entrepreneurship 2 (1).

Janah, Miftahul. 2022. “ANALISIS PENGARUH TINGKAT PDRB PERKAPITA, INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, DAN PENANAMAN MODAL ASING TERHADAP KETIMPANGAN PENDAPATAN DI INDONESIA PERIODE TAHUN 2019-2021.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis 1 (4).

Kalsum. 2018. “Distribusi Pendapatan Dan Kekayaan Dalam Ekonomi Islam.” Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam 3 (1): 42.

Khairunnisa. 2020. “ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, INVESTASI, DAN IPM TERHADAP KETIMPANGAN PENDAPATAN ANTAR DAERAH DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2005-2012.” Jurnal Ekomoni.

Khotami. 2019. Ekonomi Pembangunan. Bajar Masin: Akademi Maritim Nusantara.

Kuhn, Ursina, dan Laura Ravazzini. 2019. “The Impact of Female Labour Force Participation on Household Income Inequality in Switzerland.” Journal of Economics, Business and Management.

Kusuma, D. S. D., Sarfiah, S. N., & Septiani, Y. 2019. “Analisis Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Inflasi, Dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Terhadap Ketimpangan Pendapatan Di Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2011-2017.” Dinamic: Directory Journal of Economic.

Mukhtar. 2021. “ANALISIS PENGARUH PDRB PER KAPITA DAN JUMLAH TENAGA KERJA TERHADAP JUMLAH PENDAPATAN PAJAK DAERAH PROVINSI DI INDONESIA.” Jurnal Akutansi Bisnis.

Nurhayati. 2015. “Analisis Disparitas Pembangunan Ekonomi Dan Hubungannya Dengan Investasi Di Provinsi Jambi Tahun 2002-2014.” Jurnal Paradigma Ekonomika 8 (1): 321.

———. 2022. “Pengaruh PDRB Per Kapita, Indeks Pembangunan Manusia, Dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja Terhadap Ketimpangan Distribusi Pendapatan Di Indonesia.” Journal of Economics, Business, and Management.

Prdipta. 2020. “Faktor Yang Mempengaruhi Ketimpangan Pendapatan Melalui Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.” Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan.

Putri, A. S., & Septiani, Y. 2020. “Pengaruh Pma, Pmdn, Tpak, Pdrb Perkapita, Pengeluaran Pemerintah Terhadap Disparitas Pendapatan Jawa.” Ournal of Management and Business.

Putri, Arinda Sita. 2020. “PENGARUH PMA, PMDN, TPAK, PDRB PERKAPITA, PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP DISPARITAS PENDAPATAN.” Journal of Economics, Business and Management 2 (1).

Qodir. 2021. “Efisiensi Distribusi Pendapatan Dalam Ekonomi Islam.” Mozaik Islam Nusantara 7 (5): 55.

Sari. 2019. “ANALISIS PENGARUH PDRB, JUMLAH PENDUDUK, DAN PENDIDIKAN TERHADAP KETIMPANGAN PENDAPATAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PERIODE 2014-2019.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen.

Septiani, Dewi. 2023. “ANALISIS PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB), INFLASI, DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) TERHADAP KETIMPANGAN PENDAPATAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.” DINAMIC: Directory Journal of Economic.

Silastri. 2017. “Pengaruh Jumlah Penduduk Dan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Terhadap Kemiskinan Di Kabupaten Kuantan Singingi.” JOM Fekon 4 (1): 115.

Suhendra, I., Istikhomah, N., Ginanjar, R.A.F., & Anwar, C.J. 2020. “Human Capital, Income Inequality and Economic Variable: A Panel Daa Estimation From a Region in Indonesia.” Economic Bisnis.

Sunanda. 2019. “Ketimpangan Perekonomian Di Provinsi Bengkulu Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.

Susila. 2019. “ANALISIS PENGARUH PDRB PER KAPITA DAN JUMLAH TENAGA KERJA TERHADAP JUMLAH PENDAPATAN PAJAK.” Journal of Economics, Business and Management.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/krigan.v1i2.7756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________________________________________________________________
Academia.Edu

Krigan: Journal of Management and Sharia Business
e-ISSN : 3025-7603
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/
krigan
E : krigan.journal@uinbukittinggi@gmail.com
"View Krigan Stats"
Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License