Contestation of Religious Discourse Among Muslim Dawah Activists in Contemporary Indonesia


Authors :
(1) Achmad Muhlis Mail (Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia)
(2) Abd Hannan Mail (Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia)

Abstract


This study examines the phenomenon of religious contestation among Muslim preachers in contemporary Indonesia. This study is a qualitative research and uses the digital ethnography (netnography) approach. This study uses two sources of data, namely, primary data, in the form of text, visuals, videos, and images obtained from several social media platforms, and secondary data in the form of literature data from previous studies. This study finds that the contestation of religious discourse among Muslim preachers in Indonesia, in particular that which have taken place on social media, has revolved around four major issues, namely, the controversies of “rendang babi” (pork rendang), “pawang hujan” (the rain shaman), the regulation of sound amplifiers in mosques and prayer spaces, and the art of wayang (puppetry). The religious contestation among Muslim preachers in Indonesia follows two patterns. The first is the substantive-inclusive religious narrative pattern, which emphasizes the core and principles of a problem. Next is the exclusive legal-formalist narrative, which tends to be normative and rigid. This last narrative is typically associated with Muslims preachers who have conservative views. 

Keyword : Religious contestation, social media, religious figure, Muslim preacher.

 

Studi ini bertujuan melakukan kajian terhadap media sosial dan fenomena kontestasi keagamaan di kalangan pendakwah Muslim di Indonesia kontemporer. Kajian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi digital (netnografi). Sumber data penelitian ini ada dua, data primer berupa teks, visual, video, dan gambar yang diperoleh dari sejumlah media sosial, serta data sekunder berupa data-data kepustakaan yang didapat dari hasil kajian sebelumnya. Berdasarkan analisa data lapangan, studi ini mendapati temuan bahwa kontestasi wacana keagamaan antarpendakwah muslim di Indonesia yang selama ini berlangsung di kanal media sosial, itu tergambar dalam empat isu besar, yakni isu rendang babi, pawang hujan, aturan terkait pengeras suara di masjid dan musala, dan terakhir adalah isu tentang seni wayang. Berdasarkan narasinya, kontestasi keagamaan di kalangan pendakwah Muslim di Indonesia memiliki dua pola, yakni narasi agama berpola subtantif-inklusif, lebih menekankan pada isi, inti, dan pokok suatu permasalahan. Berikutnya, yaitu eksklusif-legal formalis, narasi keagaman yang cenderung normatif dan kaku. Bentuk narasi ini lazimnya identik dengan aktor agama atau pendakwah muslim beraliran paham konservatif..

Kata Kunci : Kontestasi Agama, Media Sosial, Aktor agama, Pendakwah Muslim.


Keywords


Religious Contestation, Religious Actors, Muslim Preachers

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/it.v7i1.6326

References

Alfiah, Rahma, Syahrul Fauzi Bisri, and Nurul Fauzia. ‘Dakwah Argumentatif Ustadz Adi Hidayat Di Media Sosial Youtube’. AdZikra : Jurnal Komunikasi & Penyiaran Islam 13, no. 1 (16 January 2023). doi:10.32678/adzikra.v13i1.6040.

Anggoro, Bayu. ‘“Wayang Dan Seni Pertunjukan” Kajian Sejarah Perkembangan Seni Wayang Di Tanah Jawa Sebagai Seni Pertunjukan Dan Dakwah’. JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam) 2, no. 2 (12 December 2018): 122. doi:10.30829/j.v2i2.1679.

Arib, Maqbul. ‘Dakwah di Tengah Keragaman dan Perbedaan Umat Islam’. Jurnal Dakwah Tabligh 15, no. 1 (2014): 15.

Cahyono, Guntur. ‘Pemanfaatan Media Youtube Dakwah Ustadz Adi Hidayat Dalam Pengembangan Materi Fikih Madrasah Ibtidaiyah’. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam 4, no. 1 (30 June 2019): 78. doi:10.22515/attarbawi.v4i1.1474.

Danu Damarjati. ‘Ustaz Adi Hidayat Sebut Pattimura “Ahmad Lussy”, Teorinya Ada Di Buku Ini’. Detiknews, 5 July 2022. https://news.detik.com/berita/d-6163412/ustaz-adi-hidayat-sebut-pattimura-ahmad-lussy-teorinya-ada-di-buku-ini.

Desi Kris. ‘Viral Video Ustaz Adi Hidayat Saat Jawab Gus Miftah Sejak Kapan Rendang Punya Agama’. Malang TIMES, 20 June 2022. https://www.malangtimes.com/baca/80942/20220620/105000/viral-video-ustaz-adi-hidayat-saat-jawab-gus-miftah-sejak-kapan-rendang-punya-agama.

Didin Syafruddin and Ismatu Ropi. Gen Z: Kegalauan Identitas Keagamaan. Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta., 2018.

Edwin Zhan. ‘Pro-Kontra Aturan Penggunaan Pengeras Suara, Dewan Masjid: Aturan Dibuat Agar Masyarakat Harmonis’. KOMPAS.Tv, 24 February 2022. https://www.kompas.tv/article/264821/pro-kontra-aturan-penggunaan-pengeras-suara-dewan-masjid-aturan-dibuat-agar-masyarakat-harmonis.

Ermeilinda Kartina Sari. ‘Paradigma Dakwah Di Era Millenial’. Spektra : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 2, no. 1 (1 March 2020). doi:https://doi.org/10.34005/spektra.v2i1.1538.

Fanindy, M. Nanda, and Siti Mupida. ‘Pergeseran Literasi Pada Generasi Milenial Akibat Penyebaran Radikalisme Di Media Sosial’. Millah 20, no. 2 (28 February 2021): 195–222. doi:10.20885/millah.vol20.iss2.art1.

Farih Maulana Sidik. ‘Gus Muwafiq Kembali Dilaporkan Ke Bareskrim Polri Soal Isi Ceramahnya’. Detiknews, December 2019. https://news.detik.com/berita/d-4811651/gus-muwafiq-kembali-dilaporkan-ke-bareskrim-polri-soal-isi-ceramahnya.

Goffar, Apang Abdul, and Nanda Fahrun Nisa. ‘Audio Visual Dakwah Media Baru Khalid Basalamah Perspektif Honeycomb Social Media’. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat 5, no. 1 (18 October 2021): 130–49. doi:10.14421/panangkaran.2021.0501-07.

Hananto, Praditya Mer. ‘Pemanfaatan Media Sosial Untuk Berdakwah’. Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam 23, no. 2 (21 August 2021). doi:10.24252/jumdpi.v23i2.23114.

Hannan, Abd. ‘Covid-19 dan Disrupsi Praktik Ritual Keagamaan di Indonesia: Dari Tradisional ke Virtual (Covid-19 And The Disruption of Religious Practices in Indonesia: From Traditional to Virtual)’. Jurnal Sosiologi Reflektif 16, no. 2 (28 April 2022): 263. doi:10.14421/jsr.v16i2.2378.

———. ‘Cyberspace Dan Populisme Islam Di Kalangan Netizen: Studi Kasus Pada Akun Media Sosial Felix Siauw’. Sosiologi Reflektif 12, no. 2 (2021).

Harian Jogja Digital Media. ‘Kerangka Agama Inklusif Substantif Diperlukan Di Indonesia’. Harianjogja.Com, 25 February 2019. https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2019/02/25/512/974098/kerangka-agama-inklusif-substantif-diperlukan-di-indonesia.

Hasanah, Uswatun. ‘Kontroversi Orasi Kebangsaan Gus Miftah di Gereja Gethel Indonesia (GBI) Penjaringan Jakarta Utara; Analisis Dakwah dan New Media’. Jurnal An-Nida 13, no. 2 (July 2021): 10.

Hine, Christine. Virtual Ethnography. 6 Bonhill Street, London England EC2A 4PU United Kingdom: SAGE Publications Ltd, 2000. doi:10.4135/9780857020277.

Hizbullah, Muhamad. ‘Dakwah Harakah, Radikalisme, dan Tantangannya di Indonesia’. Misykat Al-Anwar; Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat 29, no. 2 (2018): 14.

Joko Sadewo. ‘Mempertanyakan Maksud Pergelaran Wayang Gus Miftah’. Republika Online, 24 February 2022. https://republika.co.id/share/r7r8jp318.

———. ‘Soal Rendang Babi, Gejala Perusakannya Sangat Sistemik’. Republika Online, 19 June 2022. https://republika.co.id/share/rdpw84318.

jpnn.com. ‘Heboh Rendang Babi, Gus Miftah Bilang Begini, Tegas!’ Www.Jpnn.Com, 15 June 2022. https://www.jpnn.com/news/heboh-rendang-babi-gus-miftah-bilang-begini-tegas.

Karyudi Sutajah Putra. ‘Perang Narasi Islam Di Media Sosial, Begini Penjelasan Putri Gus Dur’. Kab News (Blog), 27 January 2022. https://kabnews.id/perang-narasi-islam-di-media-sosial-begini-penjelasan-putri-gus-dur/.

KBBI Online. ‘Arti Kata Kontestasi - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online’. In KBBI Online. Accessed 6 September 2022. https://kbbi.web.id/kontestasi.

Kerpen, Dave. Likeable Social Media: How to Delight Your Customers, Create an Irresistible Brand, and Be Generally Amazing on Facebook (& Other Social Networks). New York: McGraw-Hill, 2011.

Luthfi, Luthfi, Rahmad Nuthihar, Herman Rn, and Wahdaniah Wahdaniah. ‘Gaya Bahasa Repetisi Ustaz Adi Hidayat Tentang Penyelenggaran Ibadah Dalam Wabah Covid-19’. BAHASTRA 40, no. 1 (30 April 2020): 39. doi:10.26555/bahastra.v40i1.15306.

Mahmuddin, Mahmuddin, and Siti Nasriah. ‘Strategi Dakwah Dalam Meminimalisir Penyebaran Informasi Hoax Di Media Sosial’. Jurnal Ilmu Dakwah 41, no. 2 (31 December 2021): 97–110. doi:10.21580/jid.v41.2.8873.

Muhamad Husni Tamami. ‘Disebut Haram Oleh Ustaz Khalid Basalamah, Ini Fakta-Fakta Menarik Tentang Wayang’. Liputan6.Com, 15 February 2022. https://www.liputan6.com/regional/read/4886984/disebut-haram-oleh-ustaz-khalid-basalamah-ini-fakta-fakta-menarik-tentang-wayang.

Mujani, Saiful, and Freedom Institute (Jakarta, Indonesia), eds. Benturan Peradaban: Sikap Dan Perilaku Islamis Indonesia Terhadap Amerika Serikat. Jakarta: Diterbitkan atas kerjasama Freedom Institute, PPIM-UIN Jakarta [dan] Nalar, 2005.

Pojok Tradisi. ‘Gus Nur: Adzan Guk Guk Gukkk | Tanggapan Gus Miftah Tentang Toa Masjid Gus Yaqut’. Pojok Tradisi, 19 March 2022. https://www.youtube.com/watch?v=AXi1n7Vp_DE.

PPIM UIN Jakarta. ‘Pakar: Perlu Kolaborasi Redam Konservatisme Agama Di Medsos’. PPIM UIN Jakarta (Blog), 17 November 2020. https://ppim.uinjkt.ac.id/2020/11/17/pakar-perlu-kolaborasi-redam-konservatisme-agama-di-medsos/.

Pujiantara, Putra. ‘Dakwah Gus Miftah Dalam Bingkai Media Daring’. Kalijaga Journal of Communication 2, no. 2 (19 February 2021): 135–52. doi:10.14421/kjc.22.04.2020.

Rahmat Fajar. ‘Ini Alasan GP Ansor Tolak Ceramah Ustaz Basalamah’. Republika Online, 9 March 2017. https://republika.co.id/berita/nasional/umum/17/03/09/omihl4382-ini-alasan-gp-ansor-tolak-ceramah-ustaz-basalamah.

Ritonga, Muslimin, and Dewi Sartina. ‘Komunikasi Dakwah Gus Miftah Di Lokalisasi Pasar Kembang Yogyakarta’. Al-MUNZIR 13, no. 2 (31 December 2020): 273. doi:10.31332/am.v13i2.2051.

Rizqi Arie Harnoko. ‘Beredar Video Pertunjukan Wayang Diduga Sindir Ustadz Khalid Basalamah, Fadli Zon: Budaya Bukan Memecah Belah’, 21 February 2022. https://kabarbesuki.pikiran-rakyat.com/berita/pr-193792750/beredar-video-pertunjukan-wayang-diduga-sindir-ustadz-khalid-basalamah-fadli-zon-budaya-bukan-memecah-belah.

Safyra Primadhyta. ‘Heboh Rendang Babi, Pemilik Dipanggil Polisi Hingga Minta Maaf’. CNN Indonesia, 11 June 2022. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220611070547-20-807661/heboh-rendang-babi-pemilik-dipanggil-polisi-hingga-minta-maaf.

Siti Ruqoyah. ‘8 Fakta Khalid Basalamah Soal Wayang Hingga Dilaporkan Ke Polisi’. Viva.Co.Id, 16 February 2022. https://www.viva.co.id/berita/nasional/1449774-8-fakta-khalid-basalamah-soal-wayang-hingga-dilaporkan-ke-polisi?page=2.

Sri Yanti Nainggolan. ‘Kontroversi Suara Azan Dan Gonggongan Anjing, Kemenag: Itu Contoh, Bukan Membandingkan’. Medcom.Id, 24 February 2022. https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/JKR3W8pN-kontroversi-suara-azan-dan-gonggongan-anjing-kemenag-itu-contoh-bukan-membandingkan.

Thaoqid Nur. ‘Soal Pawang Hujan Mandalika, Begini Pendapat Gus Muwafiq’. TIMES Indonesia, 23 March 2022. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/402398/soal-pawang-hujan-mandalika-begini-pendapat-gus-muwafiq.

Tim detikcom. ‘Duduk Perkara Gempar Wayang “Khalid Basalamah” Di Ponpes Gus Miftah’. Detikjateng, 26 February 2022. https://www.detik.com/jateng/berita/d-5959585/duduk-perkara-gempar-wayang-khalid-basalamah-di-ponpes-gus-miftah.

Tim detikJateng. ‘Kontroversi “Wayang Haram”, Keraton Solo Hingga Seniman Bereaksi’. Detikjateng, 20 February 2022. https://www.detik.com/jateng/berita/d-5950239/kontroversi-wayang-haram-keraton-solo-hingga-seniman-bereaksi.

Ustadz Adi Hidayat. ‘Pesan Kebangsaan UAH !! Dari TOA Sampai Taubat Nasuha’. Adi Hidayat Official, 2022. https://www.youtube.com/watch?v=3mlW5Cun-G4.

Yosep Suprayogi. ‘Akhiri Kontroversi Rendang Babi’. Tempo, 13 June 2022. https://kolom.tempo.co/read/1601149/akhiri-kontroversi-rendang-babi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/it.v7i1.6326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Achmad Muhlis, Abd Hannan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Islam Transformatif : Journal of Islamic Studies
Indexed By:



Creative Commons License
Licensed Under © Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License