The Concept of Islamic Parenting in the Era of Islamic Moderation: An Analysis of Hurlock's Parenting Theory


Authors :
(1) Vivi Yulia Nora Mail (State Islamic Institut of Bukittinggi (IAIN) Bukittinggi, Indonesia)

Abstract


Abstract

This article describes the parenting proposed by Hurlock and its relevance to parenting in Islam in the face of Islamic moderation demands. This research is comparative research with data analysis techniques using content analysis and descriptive analysis. This research concludes that there are two Hurlock’s parenting patterns related to Islamic parenting, namely authoritarian and democratic parenting. In Islamic Parenting, parents parenting is not authoritarian and not too permissive towards children; this is in line with the concept of Wasatiyyah in Islam, which means in the middle. This parenting is one of the examples of Noah AS., Ibrahim AS., and Luqman as told int the Qur’an, and the example og prophet Muhammad SAW., in the Sunnah. To face the moderation of Islam, parents can apply these two parenting styles to their children. Through moderate but still Islamic parenting, it is hoped that it can make a generation that can become part of the "ummatan wasaan", namely a generation that has good, fair, and not extreme characters, and is independent, not taking sides except for what is right according to the teachings of the Shari'a.

Keyword: Parenting, Hurlock, Islamic Parenting, Moderation of Islam

Abstrak

Artikel ini memaparkan tentang pola asuh yang dikemukakan oleh Hurlock dan relevansinya dengan parenting dalam Islam dalam menghadapi tuntutan moderasi Islam. Penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis konten dan analisis deskriptif. Adapun kesimpulan dari peneltian ini adalah bahwa terdapat dua pola asuh Hurlock yang memiliki keterkaitan dengan parenting Islami, yaitu pola asuh otoriter dan demokratis. Dalam Pola Asuh Islami orang tua dalam pengasuhan Anak tidak otoriter dan tidak terlalu permisif terhadap anak, hal imi senada dengan konsep Wasatiyyah dalam Islam yang artinya ditengah Pola asuh tersebut merupakan salah satu keteladanan Nabi Nuh As., Nabi Ibrahim AS., dan Luqman yang diceritakan dalam al-Qur’an, serta keteladanan Nabi Muhammad dalam Sunnah. Untuk menghadapi moderasi Islam dua pola asuh tersebut dapat diterapkan oleh orang tua terhadap anaknya. Melalui pola asuh moderat namun tetap islami diharapkan dapat menjadikan generasi yang mampu menjadi bagian dari “ummatan wasaan”, yaitu generasi yang memiliki karakter baik, adil, dan tidak ekstrem, serta bersifat independen, tidak berpihak kecuali kepada hal yang benar menurut ajaran syariat.

 Kata Kunci: Pola Asuh, Hurlock, Parenting Islami, Moderasi Islam


Keywords


Parenting, Hurlock, Islamic Parenting, Moderation of Islam

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/it.v5i1.4476

References

Abdullah, Al-Jauhari Mahmud dkk. Membangun Keluarga Qur’ani: Panduan Untuk Muslimah. 2005. Jakarta: Amzah.

Adawiyah, Rabiatul. Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Tehadap Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 7 No. 1. Mei 2017.

Ahmadi, Abu. Sosiologi Pendidikan. 1991. Jakarta: Rineka Cipta.

Alinaksi, Ahmad Naqieb dan Endah Puspita Sari. Dinamika Kompetensi Pengasuhan Islami. Jurnal Psikologika. Vol.20 No.2. 2015.

al-Bāqī, Muhammad Fuād ‘Abd. Mu’jam al-Mufahras li al-alfāẓ al-Qur’ān al-Karīm. 1364 H. Mesir: Maṭba’ah Dār al-Kutub al-Miṣriyyah.

al-Bukhārī, Abū Abdullah Muhammad ibn Ismā’īl. al-Jamī’ al-Ṣaḥīḥ. Juz 1. 1403 H. Mesir: Maṭba’ah al-Salafiyyah.

Amin, Abd Rauf Muhammad. Prinsip dan Fenomena Moderasi Islam dalam Tradisi Hukum Islam. Jurnal al-Qalam. Vol. 20 Ed. Khusus. Desember 2014.

al-Naisābūrī, Imām Abī al-Ḥusaini Muslim ibn al-Ḥajjāj al-Qusyairī. Ṣaḥīh Muslim. Juz 4. tt. ttp: Dār Iḥyā’ al-Kutub al-‘Arabī.

al-Dimasyqī, Abī Fidāi Ismā’īl ibn ‘Umar ibn Kaṡīr. Tafsīr al-Qur’an al-‘Aẓīm. Juz 1. 1997. Riyaḍ: tp.

An Ras Tri Astuti, dkk. Tantangan Parenting dalam mewujudkan Moderasi Islam Anak. Jurnal Al-Maiyyah. Vol.11 No.2, Juli-Desember 2018.

Aubanova. What is your Parenting Goal?. http://parentingforeveryone/goals/. Diunggah tahun 2007. Diakses tanggal 26 September 2021.

Ayuni, Qurrotu. Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal ThufuLA. Vol. 5 No. 1. Januari-Juni 2017.

Elia Daryati, Anna Farida, Parenting with herath, cet. II 2014 Bandung: Kaifa

Fitriyani, Listia. Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan emosi Anak. Jurnal Lentera. Vol. XVIII No. 1. Juni 2015.

Hasanah dan Nur Aini Zaida. Pola Asuh Anak Usia Dini dalam Islam. Jurnal al-Aqidah. Vol. III No. 1. Januari-Juni 2020.

Hurlock, Elizabeth B. Child Development. Terj. Meitasari Tjandrasa. Jilid 2. Ed.6. 2002. Jakarta: Erlangga.

_ _ _ _ _ _ _ . Psikologi Perkembangan. Terj. Istiwidayanti dan Soedjarwo. 1999. Jakarta: Erlangga.

Ilahi, Mohammad Takdir. Quantum Parenting. 2013. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Jamal, Misbahuddin. Konsep al-Islam dalam al-Qur’an. Jurnal al-Ulum. Vol. 11 N0. 2. Desember 2011.

Jannah, Miftahul. Pola Pengasuhan Orang Tua dan Moral Remaja dalam Islam. Jurnal Ilmiah Edukasi. Vol. 1 No. 1. Juni 2015.

Qutub, Sayyid. Tafsir fī Ẓilāl al-Qur’an. Juz 5. 2003. Kairo: Dār al-Syurūq.

al-Sajastānī, Abū Dāwud Sulaimān ibn al-Asy’aṣ. Sunan Abī Dāwud. 1424 H. Riyāḍ: Maktabah al-Ma’ārif.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Bahasa Indonesia. 2008. Jakarta: Pusat Bahasa.

al-Tirmiżī, Imām al-Ḥāfiẓ Muhammad ibn ‘Īsā ibn Saurah. Sunan al-Tirmiżī. 1417 H. Riyaḍ: Maktabah al-Ma’ārif.

Yani, Ahmad dkk. Implementasi Islamic Parenting dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di RA At-Taqwa Kota Cirebon. Jurnal Awlady. Vol.13 No.1. 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/it.v5i1.4476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Vivi Yulia Nora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Islam Transformatif : Journal of Islamic Studies
Indexed By:



Creative Commons License
Licensed Under © Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License