Mathba’ah Islamiah di Minangkabau: Sejarah Sebuah Penerbit Islam Melintasi Tiga Zaman (1924-1972)


Authors :
(1) Halimatus Sakdiah Mail (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Indonesia)

Abstract


This article wants to know the history and development of the Mathba'ah Islamiah publisher from its early days until it disappeared from the circulation of its publishing and printing world. In the 20th century, there were many publishers and printers in Bukittinggi. This arose in response to requests for reading material from educated people connected with schools' growing bloom in several places in West Sumatra. Publishing and printing work was carried out by colonial circles and Western intellectuals and involved natives from within the Muslim faith. The research method used is the historical research method. From the research results, it was found that the publishing of Mathba'ah Islamiah was a publication founded by H.M.S Sulaiman on the advice of the elderly scholars, Syekh Sulaiman Arrasuli, Syekh Muhammad Jamil Jaho and Syekh Abbas Qadhi Lading Laweh. This publication published the works of Minangkabau clerics and books used in the Madrasas of the Old People at that time. Not only publishing books, but the Mathba'ah Islamiah publisher also printed the Koran and its translations sent to various regions in Sumatra and even reached several parts of the archipelago.

Artikel ini hendak mengetahui sejarah dan perkembangan penerbit Mathba’ah Islamiah sejak masa awal hingga hilang dari peredaran dunia penerbitan dan percetakan Tanah Air. Pada abad ke-20 terdapat banyak penerbit dan percetakan di Bukittinggi. Hal Penerbitan ini timbul sebagai tanggapan atas permintaan bahan bacaan dari orang terdidik dalam hubungannya dengan tumbuh mekarnya sekolah-sekolah di sejumlah tempat di Sumatera Barat. Kerja penerbitan dan percetakan tidak saja dilakukan oleh kalangan kolonial dan kaum terdirik Barat, tetapi juga melibatkan kaum pribumi dari kalangan agama Islam. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian sejarah. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa penerbitan Mathba’ah Islamiah adalah penerbitan yang didirikan oleh H.M.S Sulaiman atas anjuran dari ulama kaum tua Syekh Sulaiman Arrasuli, Syekh Muhammad Jamil Jaho dan Syekh Abbas Qadhi Lading Laweh. Penerbitan ini menerbitkan karya-karya ulama Minangkabau dan juga kitab-kitab yang dipakai di madrasah-madrasah Kaum Tua ketika itu. Tak hanya menerbitkan buku-buku saja penerbit Mathba’ah Islamiah ini juga mencetak Al-Quran dan terjemahannya yang dikirim ke berbagai daerah di Sumatra bahkan menjangkau beberapa daerah Nusantara.

 


Keywords


Mathba’ah Islamiah; HMS Sulaiman; Publishing; Minangkabau

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/it.v4i2.3442

References

Abdurrahaman, Dudung. Metodologi Penelitian Sejarah Islam. Yogyakarta: Ombak, 2012.

Arsa, Dedi. “Pembentukan Masyarakat Literal di Sumatra Barat: Perkembangan Awal Perpustakaan dan Toko Buku,” Khazanah 9, no. 1 (2019): 31-40.

———. Celana Pendek Dan Cerita Pendek. Yogyakarta: Basabasi, 2008.

Fadila, Zikri. Penerbitan Minangkabau Masa Kolonial. Yogyakarta: Gre Publising, 2018.

Fadli, Muhammad Rijal. Sistem Ketatanegaraan Pada Masa Pendudukan Jepang, 2019.

Hakim, Abdul. “Al-Quran Cetak Indonesia Tinjauan Kronologis Pertengahan Abad Ke-19 Hingga Awal Abad Ke-20.” Suhuf 5 (2012): 231–54.

Koto, Alaidin. Pemikiran Politik Persatuan Tarbiyah Islamiah 1945-1970. Riau: UIN Suska Press, 1996.

Naldi, Hendra. Booming Surat Kabar di Sumatra’s Westkust. Yogyakarta: Ombak, 2008.

Putra, Apria. “Drukkerij Al-Islamiah Fort de Kock: Penerbit Turats Ulama Minangkabau di Masa Pemerintah Belanda, Tarbiyah Islamiah,” 2014. https://tarbiyahislamiyah.id/drukkerij-al-islamiyah-fort-de-kock-penerbit-turats-ulama-minangkabau-di-masa-pemerintahan-belanda/.

———. “Ulama dan Karya Tulis: Diskursus Keislaman di Minangkabau Awal Abad 20.” Fuaduna: Jurnal Kajian Keagamaan dan Kemasyarakatan 1, no. 2 (2017): 134–47.

Shamad, Irhas, Danil M Chaniago. Islam dan Praktis Kultural Masyarakat Minangkabau. Jakarta: PT Tintamas Indonesia, 2007.

Sulasman. Metodologi Penelitian Sejarah. Bandung: Pustaka Setia, 2014.

Sunarti, Sastri. Kelisanan dan Keberaksaraan dalam Surat Kabar Terbitan Awal Minangkabu1859-1940. Jakarta: Gramedia, 2013.

———. “Suara-Suara Islam dalam Surat Kabar dan Majalah Terbitan Awal Abad 20 di Minangkabau.” Turas: Jurnal XXI, no. 2 (2015).

Yahya, Yunus. Riwayat Ulama Syafia’i. Magek: Persatuan Murid-Murid Tarbiyah Islamiah, 1976.

Zulqayimm. Bukitinggi Tempo Dulu. Padang: Andalas University Pres, 2006.

Sumber-sumber Tertulis Primer:

“Redactie dan Administratie”, Maanblad Soearti 1937.

Daftar Buku-buku Terbitan Mathba’ah Islamiah, 1927-1937.

Daftar Kitab-kitab Toko Kitab Firma H.M.S. Sulaiman dan co Fort de Kock S.W.K. 1937.

Syekh Haji Yunus Yahya Magek, 1976, Riwayat Ulama Syafia’i. Magek; Persatuan Murid-Murid Tarbiyah Islamiah.

Warta Perniagaan, 15 September 1927.

Wawancara

H. Haviz dt Manindiah (Cucu Kandung H.M.S Sulaiman), Wawancara, 31 Mei 2020.

Zamzami Yuus (Murid Syekh Sulaiaman Arrasuli), Wawancara, 18 Januari 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/it.v4i2.3442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Halimatus Sakdiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Islam Transformatif : Journal of Islamic Studies
Indexed By:



Creative Commons License
Licensed Under © Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License