Hubungan Matan dan Syarah Ta’līm Al-Muta’allim Ṭarīq Al-Ta’allum dengan Daulah ‘Aliyyah Utsmaniyyah serta Implikasinya dalam Pendidikan Islam di Nusantara


Authors :
(1) Tatang Hidayat Mail (Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Ar Raayah, Sukabumi, Indonesia)
(2) Syahidin Syahidin Mail (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)
(3) Arif Noor Dhaiman Mail (Pesantren Mafatih, Purwakarta, Indonesia)

Abstract


The purpose of this study was to analyze the relationship of matan and syarah Ta'līm al-Muta'allim arīq al-Ta'allum with Daulah 'Aliyyah Uthmaniyyah and its implications in Islamic education in the Archipelago.  Islamic education is fixed in terms of teaching materials and learning methods, because it is part of sharia law that relies on evidence, while uslub (technique) and its facilities are constantly evolving. From this point of view, the analysis of the Book of Ta'līm al-Muta'allim Tarīq al-Ta'allum and  its implications in Islamic education in the Archipelago can be reviewed. This research uses qualitative approaches and descriptive methods. Based on the results of the research, the book ta'lîm al-Muta'allim Tarīq al-Ta'allum and its syarah reached the Archipelago through the relationship of Mecca as part of the Territory (governorate level/ Province) of Daulah 'Aliyyah Ottoman who was the Caliphate of the Muslims at that time with the Jawi Scholars who studied there. The Book of Ta'lîm al-Muta'allim arīq al-Ta'allum and its syarah are clearly seen in the Salafiyyah (Traditional) Pesantren Curriculum especially in Java Island. It can be determined that the "spirit" of the boarding school is the concept of Islamic Education described in the book of Ta’lîm al-Muta’allim arīq al-Ta'allum and its syarah, especially related to the adab to science and teachers.

  

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan matan dan syarah Ta'līm al-Muta'allim Tarīq al-Ta'allum dengan Daulah ‘Aliyyah Utsmaniyyah serta implikasinya dalam pendidikan Islam di Nusantara. Pendidikan Islam bersifat tetap dari aspek materi ajar dan metode belajarnya, karena bagian dari hukum syariah yang bersandar pada dalil, sedangkan uslub (teknik) dan sarananya senantiasa berkembang. Dari sudut pandang inilah, analisis kitab Ta’lîm al-Muta’allim Tharîq at-Ta’allum dan implikasinya dalam pendidikan Islam di Nusantara dapat ditinjau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, kitab Ta’lîm al-Muta’allim Tarīq al-Ta'allum dan syarah-nya sampai ke Nusantara melalui hubungan Mekkah sebagai bagian Wilayah (setingkat Kegubernuran/Provinsi) dari Daulah 'Aliyyah Utsmaniyyah yang merupakan Kekhalifahan-nya kaum Muslimin saat itu dengan para Ulama Jawi yang belajar di sana. Kitab Ta’lîm al-Muta’allim Tarīq al-Ta'allum dan syarah-nya jelas terlihat dalam Kurikulum Pesantren Salafiyyah (Tradisional) terutama di Pulau Jawa. Dapat ditetapkan bahwa "ruh" dari pondok pesantren adalah konsep Pendidikan Islam yang dijelaskan dalam kitab Ta’lîm al-Muta’allim Tarīq al-Ta'allum dan syarahnya, terutama terkait adab terhadap ilmu dan guru.


Keywords


Al-Zarnūjī; Islamic Education; Ottoman caliphate; Ta’līm al-Muta’allim Tarīq al-Ta’allum; Yellow Book

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/it.v4i2.3429

References

Abubakar, Isti’anah. “Konsep Learning Culture : Telaah Pemikiran Al-Zarnujy dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim.” Tsaqafah: Jurnal Peradaban Islam 14, no. 1 (2018): 129–40.

Akhyar, Yundri. “Metode Belajar dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Thariqat At-Ta’allum (Telaah Pemikiran Tarbiyah Az-Zarnuji).” Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman 7, no. 2 (2008): 311–42.

Al-Zarnūjī, Syaikh. Ta’līm Al-Muta’allim Tarīq Al-Ta’allum. Surabaya: Al-Haramain, 2006.

Alfiyah, Hanik Yuni. “Konsep Pendidikan Imam Zarnuji dan Paulo Freire.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2013): 201–21. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.2.201-221.

Az-Zarnuji. “Terjemah Ta’lim Muta’allim.” Surabaya: Mutiara Ilmu, 2012.

Hafidzah, Laily. “Textbooks of Islamic Education in Indonesia’s Traditional Pesantren : The Use of Al-Zarnuji’s Ta’lim Al-Muta’allim Tariq At-Ta’alum and Hasyim Asy’ari Adab Al-’Alim Wa Al-Muta’alim.” Jurnal Al-Albab - Borneo Jurnal of Religious Studies 3, no. 2 (2014): 199–212.

Haroen, Hilman. “Epistemologi Idealistik Syekh Az-Zarnuji Telaah Naskah Ta’lim Al-Muta’alim.” Profetika, Jurnal Studi Islam 15, no. 2 (2014): 160–74.

Hidayat, Tatang, and Abas Asyafah. “Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah.” Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam 10, no. I (2019): 159–81.

———. “Paradigma Islam dalam Metodologi Penelitian dan Implikasinya Terhadap Penelitian Pendidikan Agama Islam.” Tadrib IV, no. 2 (2018): 225–45. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i2.2507.

Hidayat, Tatang, Ahmad Syamsu Rizal, Aam Abdussalam, and Ahmad Ghiyats Fawwaz. “Designing Islamic Values Integration into Sociology Learning.” Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (2020): 37–52. https://doi.org/10.15575/jpi.v6i1.8119.

Hidayat, Tatang, Ahmad Syamsu Rizal, and Fahrudin. “Analisis Profil Kelembagaan Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahul Khoir Bandung dalam Menyelenggarakan Pendidikan Islam.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 13, no. 2 (2018): 327–48.

———. “Pendidikan dalam Perspektif Islam dan Peranannya dalam Membina Kepribadian Islami.” Jurnal Mudarrisuna : Media Kajian Pendidikan Agama Islam 8, no. 2 (2018): 218–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397 0 Ta.

———. “Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia.” Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam VII, no. 2 (2018): 1–15. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/tadib/article/view/4117/2485.

Hidayat, Tatang, and Toto Suryana. “Menggagas Pendidikan Islam : Meluruskan Paradigma Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 3, no. 1 (2018): 75–91. http://ojs.pps-ibrahimy.ac.id/index.php/jpii/article/view/133/93.

Hidayat, Tatang, and Makhmud Syafe’i. “Peran Guru dalam Mewujudkan Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah.” Rayah Al-Islam : Jurnal Ilmu Islam 2, no. 1 (2018): 101–11.

Hidayat, Tatang, and Syahidin. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Contextual Teaching And Learning dalam Meningkatkan Taraf Berfikir Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Islam XVI, no. 2 (2019): 115. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-01.

Hidayat, Tatang, Syahidin, and Ahmad Syamsu Rizal. “Prinsip Dasar Falsafah Akhlak Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany dan Implikasinya dalam Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Kajian Peradaban Islam 2, no. 1 (2019): 10–17. http://www.jkpis.com/index.php/jkpis/article/view/13/10.

Huda, Miftachul, Kamarul Azmi Jasmi, Ahmad Kailani Mohamed, Wan Hassan Wan Embong, and Jimaain Safar. “Philosophical Investigation of Al-Zarnuji’s Ta’lim Al-Muta’allim: Strengthening Ethical Engagement Into Teaching and Learning.” Social Sciences (Pakistan) 11, no. 22 (2016): 5516–19. https://doi.org/10.3923/sscience.2016.5516.5519.

Huda, Miftachul, and Mulyadhi Kartanegara. “Aim Formulation of Education : An Analysis of the Book Ta ’ Lim Al Muta ’ Allim.” International Journal Od Huminities and Social Science 5, no. 2 (2015): 143–49.

———. “Distinctive Feature of Al-Zarnuji’s Ideas: A Philosophical Inquiry into the Book Ta’lim Al-Muta’allim.” American International Journal of Contemporary Issues 5, no. 2 (2015): 171–77.

———. “Islamic Spiritual Character Values of Al-Zarnūjī’s Taʻlīm Al-Mutaʻallim.” Mediterranean Journal of Social Sciences 6, no. 4 (2015): 229–35. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n4s2p229.

Ibrahim, Syaikh. Syarah Ta’līm Al-Muta’allim Tarīq Al-Ta’allum. Surabaya: Al-Haramain, 2006.

Indonesia, Pemerintah Republik. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Undang-Undang Republik Indonesia, no. 1 (2013). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Ma’arif, Muhammad Anas. “Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI Menurut Az-Zarnuji.” Istawa : Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 35–60.

Miftahuddin. “Konsep Profil Guru dan Siswa (Mengenal Pemikiran Al-Zarnuji DAlam Ta’lim Al-Muta’allim dan Relevansinya).” Cakrawala Pendidikan 25, no. 2 (2006): 247–67. https://goo.gl/RKS1MD.

Muzammil. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam (Telaah Relevansi Konsep Pendidikan dalam Kitab Ta’lim Muta’alim).” Ta’limuna 1, no. 1 (2012): 1–17.

Nirwana, Dzikri. Menjadi Pelajar Muslim Modern Yang Etis dan Kritis Gaya Ta’lim Al-Muta’allim. Banjarmasin: IAIN Antasari Press, 2014.

Noer, Ali, Syahraini Tambak, and Azin Sarumpaet. “Konsep Adab Peserta Didik dalam Pembelajaran Menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia.” Jurnal Al-Hikmah 14, no. 2 (2017): 1–28.

Nuriz, M Adib Fuadi, and Jaffary Awang. “Character Education : Study of Burhanuddin Al-Zarnuji and Imam Zarkasy’s Thought.” Jurnal Sultan Alauddin Sulaiman Shah 4, no. 1 (2017): 46–59.

Rahman, Alfianoor. “Pendidikan Akhlak Menurut Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim.” Jurnal At-Ta’dib 11, no. 1 (2016): 129–43.

Rizal, A. S. “Transformasi Corak Edukasi dalam Sistem Pendidikan Pesantren, dari Pola Tradisi ke Pola Modern.” Jurnal Pendidikan Agama Islam - Ta’lim 9, no. 2 (2011): 95–112.

Rohman, Fathur, and Aan Wahyuidin. “Konsep Pendidikan Islam Integratif - Interkonektif Perspektif Kitab Wadhaif Al-Muta’allim.” Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman 7, no. 1 (2017).

Setiawan, Agus. “Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji).” Dinamika Ilmu 14, no. 1 (2014): 1–12. https://doi.org/10.1101/112268.

Shofwan, Arif Muzayin. “Metode Belajar Menurut Imam Zarnuji: Telaah Kitab Ta’lim Al Muta’alim.” Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual 2, no. 4 (2017): 408–23. https://doi.org/10.28926/briliant.

Sholikhudin, M. Anang, and Ade Lailatul Qomariyah. “Konsep Guru Perspektif Al-Zarnuji dan Relevansinya dengan Undang - Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.” Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid 5, no. 2 (2016): 189-.

Siswadi. “Konsep Belajar Menurut Az-Zarnuji.” Insania 11, no. 1 (2006): 1–8.

Syamsirin. “Pendidikan Berbasis Etika Menurut Az-Zarnuji dalam Perspektif Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Tariqa At-Ta’alum.” At-Ta’dib 5, no. 1 (2008): 59–76. https://doi.org/10.3990/1.9789036536875.

Thohir, M. Anas, Alfina Citrasukmawati, and Achmad Dardiri. “A Comparative Study on Sheikh Az-Zarnuji Thought and Idealism in the Philosophy of Education.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 12, no. 2 (2017): 411–33. https://doi.org/10.21274/epis.2017.12.2.411-433.

Tholabi, H. Imam. “Pemikiran Pendidikan Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’limul Mutalim.” Jurnal Tribakti 21, no. 1 (2010): 1–13.

Tumin, and Ahmad Faizuddin. “Education and Character Building : Ethical Aspects of Learning Ffom Al- Zarnūjī’s Ta‘līm Al- Muta‘Allim.” Ulumuna:Journal of Islamic Studies 21, no. 1 (2017): 109–28.

Ummah, Yuli Choirul, and Muh Barid Nizarudin Wajdi. “Dismantling Paradigm Book Ta’limul Muta’allim.” Educatio : Journal of Education 1, no. 2 (2016): 1–6.

Wahid, Abd. “Aktualisasi Konsep Pembelajaran Salaf Ala Az-Zarnuji dalam Era Modern.” Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam 8, no. 1 (2017): 95–106.

Waris. “Pendidikan dalam Perspektif Burhanuddin Al-Islam Az-Zarnuji.” Jurnal Cendekia 12, no. 1 (2015): 69–85.

Yuliani. “Konsep Pendidikan Islam dan Barat (Analisis Komparatif Pemikiran Imam Az-Zarnuji dan John Dewey).” Rausyan Fikr 14, no. 2 (2018): 1–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/it.v4i2.3429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tatang Hidayat, Syahidin, Arif Noor Dhaiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Islam Transformatif : Journal of Islamic Studies
Indexed By:



Creative Commons License
Licensed Under © Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License