KISAH BATU DALAM TEKS HADIS SEBAGAI MATERI PENDIDIKAN AKHLAK ANAK
Authors :
(1) salmah salmah ()
(2) Desri Nengsih ()
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi teks hadis tentang kisah batu sebagai materi pendidikan akhlak anak. Metode yang digunakan adalah metode Takhrij al-Hadis.Pencarian hadis dilakukan dengan digunakan Mu’jam al-Mufahrasy li Alfazh al-Hadis an-Nabawi karangan A.J. Wensink, dan hadis ditemukan dalam empat kitab sumber hadis. Hadis yang ditemukan kemudian dilakukan analisis kualitas sanad hadis, kualitas matan hadis dan dilakukan juga analisis pendidikan dari kandungan matan hadis. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa hadis tentang kisah batu bermuatan materi pendidikan ahklak untuk anak pada usia antara 3 sampai 5 tahun. Materi ini dapat digunakan oleh pendidik khususnya orang tua dalam mendidik akhlak anak.
Full Text:
PDF| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/fuaduna.v1i2.821
References
Abdurrahman an-Nahlawi. 1989. Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam, alih bahasa, Drs. Herry Noer Ali, judul asli “Ushûl at-Tarbiyah al-Islâmiyah wa Asâlibuha”. Bandung: CV. Diponegoro.
Abu ‘Abdillah Muhammad Ibn Ismail Ibn Ibrahim Ibn al-Mughirah Ibn Barbazah al-Bukhariy. 1987. Shahîh Bukhâriy. Cairo: Dâr asy-Syu’ab
Abu Al-Husayn Muslim Ibn Al-Hajjaj Ibn Muslim Al-Quisyayriy An-Nisbabury. T.th. Shahîh Muslim. Beirut: Dâr al-Fikr
Abu Zakariyah Yahya bin Syarf bin Muri an-Nawawiy. 1392. Al-Minhâj Syarh Shahîh Muslim. Beirut: Dâr Ihyâ’ at-Turâts al-‘Arabiy
Abuddin Nata. 1997. Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Ahmad bin ‘Ali bin Hajar Abu al-Fadhl al-‘Asqalaniy asy-Syafi’i. 1379. Fath al-Bâriy Syarh Shahîh al-Bukhâriy. Beirut: Dâr al-Ma’rifah
Al-Ghazali, t.th, Ihyâ’ ‘Ulumuddîn, Beirut: Darul Fikr
A.J Wensink. 1936. Al-Mu’jam al-Mufahrasy li Alfazh al-Hadîts an-Nabawiy. Leiden: Maktabah Bril
Bukhari Umar. 2011. Hadis Tarbawi, Pendidikan dalam Perspektif Hadis. Batusangkar: STAIN Batusangkar
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Diane E. Papalia dkk. 2009. Human Development, Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika. Buku 10 Edisi 2
G.F. Flanagan. 1981. Perkembangan Anak Sejak Dalam Kandungan hingga Usia 6 Tahun, Editor Dra. Desmita, Judul Asli “The First Nine Months of Live, New York:1962. Jakarta: Yayasan Cipta Loka Caraka
Miftahul Huda. 2008. Interaksi Pendidikan 10 Cara Qur’an Mendidik Anak. Malang: UIN Malang Press
M. Qurais Shihab. 2012. Tafsir al-Mishbah. Jakarta: Lentera Hati
M. Sa’id Mursi. 2006. Seni Mendidik Anak. Jakarta: Pustaka kautsar
Muhammad bin Abu Bakar bin Qayyim al-Jauziyah. 1973. Madârij as-Sâlikîn. Beirut: Dâr al-Kitâb al-‘Arabiy
‘Umar Sulaiman ‘Abdullah al-‘Asyqar. 1997. Shahîh al-Qashash al-Nabawiy. Beirut: Dâr al-Nafâis li al-Nasyr wa al-Tauzî
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Zakiyah Drajat. 1975.Pendidikan Agama Dalam Pembinaan Mental. Jakarta: Bulan Bintang,
Zakiyah Drajat. 1976. Pembinaan Remaja. Jakarta: Bulan Bintang
DOI: http://dx.doi.org/10.30983/fuaduna.v1i2.821
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Salmah dan Desri Nengsih
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
______________________________________________
Jurnal Fuaduna: Jurnal Kajian Keagamaan dan Kemasyarakatan |