Eksistensi Surau di Era Modernisasi: Daya Tahan dan Perubahan Surau Buya Lubuak Landua di Pasaman Barat


Authors :
(1) Miftahul Khoiroti Mail (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Indonesia)

Abstract


This research examines the resilience and change of Surau Buya Lubuak Landua in the West Pasaman region, which is 167 years old in the midst of modernization. Although in his journey Surau Buya Lubuak Landua has experienced a crisis due to ideas of religious reform in all its aspects which caused the surau to experience shock, nevertheless Surau Buya Lubuak Landua has survived until now. This research uses a qualitative-descriptive method. This method tries to explain all events, incidents related to Surau Buya Lubuak Landau in detail according to current conditions. The results showed that the existence of Surau Buya Lubuak Landua had a very significant development, with an estimated age that was as old as Islam in the West Pasaman region. During its development, Surau was more focused on teaching religious education. The development and durability of the Buya Lubuak Landua surau was possible because of the comprehensive cooperation between Buya Lubuak Landua, the government, traditional leaders, and the community in maintaining the sustainability of the surau. In addition, Buya Lubuak Landua's ability to streamline the elements of surau to function properly can help mobilize the economic potential of the Lubuak Landua community.

Penelitian ini mengkaji daya tahan dan perubahan Surau Buya Lubuak Landua di wilayah Pasaman Barat yang telah berusia 167 tahun di tengah arus modernisasi. Meskipun dalam perjalanannya Surau Buya Lubuak Landua pernah mengalami krisis akibat adanya ide-ide pembaharuan keagamaan dalam segenap aspeknya yang menyebabkan surau mengalami goncangan, namun demikian Surau Buya Lubuak Landua tetap bertahan hingga saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Metode ini berusaha menjelaskan segala peristiwa, kejadian yang berhubungan dengan Surau Buya Lubuak Landau secara terperinci sesuai dengan kondisi sekarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksistensi Surau Buya Lubuak Landua mengalami perkembangan yang sangat signifikan, dengan capaian usia yang diperkirakan setua usia Islam di wilayah Pasaman Barat. Dalam perkembangannya, surau lebih terfokus pada pengajaran pendidikan agama.   Perkembangan dan daya tahan surau Buya Lubuak Landua dapat terlaksana karena adanya kerjasama yang komprehensif antara Buya Lubuak Landua, pemerintah, pemuka adat, dan masyarakat dalam menjaga keberlangsungan surau. Selain itu kemampuan Buya Lubuak Landua dalam mengefektifkan unsur-unsur surau agar berfungsi dengan baik dapat membantu dalam menggerakkan potensi ekonomi masyarakat Lubuak Landua.



Keywords


Surau; Modernization; West Pasaman

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/fuaduna.v4i2.3587

References

Buku dan Jurnal

Abdulsyani. Sosiologi: Skematika, Teori Dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Afdayeni, Melia. “Dinamika Sistem Pendidikan Islam (Surau) Minangkabau Pradan Pasca Pemabaharuan.” Jurnal Fuaduna : Jurnal Kajian Keagamaan dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2017): 58–69.

Alfurqan, Alfurqan. “Evolution and Modernization of Islamic Education In Minangkabau.” Afkaruna 16, no. 1 (2020). https://journal.umy.ac.id/index.php/afkaruna/article/view/7951.

Azra, Azyumardi. Surau: Pendidikan Islam Tradisionalis Dalam Transisi Dan Modernisasi. Jakarta: Kencana, 2017.

Darwianis. “Tindak Lanjut Kebijakan Kembali Ke Nagari Dan Ke Surau Serta Dampaknya Terhadap Kehidupan Sosial Adat Keagamaan Masyarakat.” Jurnal PPKn & Hukum 12, no. 22 (2017): 83–101.

Hanani, Silfia. Surau: Aset Lokal Yang Tercecer. Bandung: Humaniora Utama Press, 2002.

Indosiana. “Tradisi Manjalang BuyaLubuak Landua.”

Mawangir, Muhammad. “Modernization Of Islamic ‘Surau’ Traditional Education In West Sumatera, Indonesia.” Journal of Islamic Studies and Culture 3, no. 2 (2015). http://jiscnet.com/vol-3-no-2-december-2015-abstract-4-jisc.

Miles, Mathew B.dan Huberman, and A Michael. Anaalisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, Terj. Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI-Press, n.d.

Moenada, Meimunah S. “Surau Dan Modernisasi Pendidikan Di Masa Hindia Belanda.” Sosial Budaya 8, no. 1 (2011): 40–53.

Pramono, Pramono. “Surau Dan Tradisi Penaskahan Islam Di Minangkabau, Studi Atas Dinamika Tradisi Pernaskahan Di Surau-Surau Di Padang Dan Padang Pariaman.” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 6, no. 3 (December 15, 2009): 247. http://jurnalhunafa.org/index.php/hunafa/article/view/137.

Ratna, Nyoman Kutha. Metodologi Penelitian: Kajian Budaya Dan Ilmu Sosial Humainiora Pada Umumnya No Title. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Skerenyiki. “Surau Lubuak Landua.”

Suaidi, Sholeh. “Islam Dan Modernisme.” Islamuna: Jurnal Studi Islam 1, no. 1 (January 4, 2014). http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/islamuna/article/view/558.

Sunarto, Kamanto. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Rajawali Press, 2012.

Usman, Sunyoto. Sosiologi: Sejarah, Teori Dan Metodologi. Yogyakarta: CIReD, 2004.

Zein, Mas’ud. “Sistem Pendidikan Surau: Karakteristik, Isi Dan Literatur Keagamaan.” Sosial Budaya 8, no. 1 (2011): 25–39.

Wawancara

Kamal, Mustafa. (Regenerasi Buya Lubuak Landua ke VI). Wawancara. 24 April 2018.

Mardianto, Tori. (Kepala Jorong). Wawancara. 21 Mei 2019.

Yarmuna. (Jamaah Surau). Wawancara. 24 April 2018.

Yulisman. (Penjaga Surau). Wawancara. 29 Desember 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/fuaduna.v4i2.3587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Miftahul Khoiroti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________
Academia.Edu

Jurnal Fuaduna: Jurnal Kajian Keagamaan dan Kemasyarakatan
e-ISSN / p-ISSN : 2614-8129 2614-8137
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/fuaduna

E : fuaduna.uinbukittinggi@gmail.com - fuaduna@uinbukittinggi.ac.id
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

"View Stats"