Pemanfaatan Limbah Stik Ice Cream untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Tranmigrasi Padang Mardani Jorong Manggopoh Utara

Autor(s): Megawati Megawati
DOI: 10.30983/dedikasia.v2i1.5631

Abstract

Masyarakat khususnya ibu-ibu daerah Transmigrasi Padang Mardani, Jorong Manggopoh Utara Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam memiliki banyak potensi atau bakat-bakat tersendiri yang sangat luar biasa jika mendapatkan bimbingan atau motivasi yang tepat. Kehidupan masyarakat umumnya dalam kategori rendah dengan bekerja sebagai buruh pabrik pengolahan sawit. Maka kegiatan pemberdayaan ekonomi berupa pelatihan pemanfaatan stik ice cream sebagai salah satu usaha untuk memberikan keterampilan bagi para ibu-ibu rumah tangga untuk meningkatkan ekonomi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini berupa metode Partisipasi (Partisipatory Action Research/PAR). Hasil kegiatan Pengabdian masyarakat ini bahwa keterampilan yang diberikan dan penyadaran bagi para ibu-ibu rumah tangga untuk kreatif dalam memanfaatkan limbah seperti limbah stik ice cream menjadi barang atau kriya yang dapat dijual dan bernilai ekonomi.  . Dari hasil pelaksanaan program Pembinaan Ekonomi masyarakat yang   telah   lakukan , ternyata secara   umum   hasilnya   sangat   mengejutkan   dan membanggakan, karena dapat dibuktikan dengan adanya semangat   dan   antusias dari mereka para pemuda yang telah mengikuti bimbingan tersebut. Meskipun adanya beberapa kendala yang telah kita lewati bersama baik dari segi kekurangan alat. Biarpun demikian, para bimbingan kami tetap semangat dalam mengikuti kegiatan tersebut. Untuk memacu semangat warga agar mereka dapat mengembangkan bakatdan potensi yang telah mereka miliki, dan juga diperlukan bantuan dari lembaga- lembaga yang menanggani khususnya pemberdayaan masyarakat agar masyarakat dapat mengoptimalkan bakat dan potensi yang telah mereka miliki.

Keywords

Pemnafaaatan, Limbah Stiks E Krim, Pemberdayaan

Full Text:

PDF

References

Drs. Abu Huraerah, M. S. (2008). PENGORGANISASIAN dan PENGEMBANGAN MASYARAKAT: Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan. Humaniora. https://books.google.co.id/books?id=nHO0DwAAQBAJ

Kartasasmita, G. (1997). Pemberdayaan masyarakat: Konsep pembangunan yang berakar pada masyarakat. Yogyakarta: UGM, Sp 607, 1–25.

Prijono, O. S., & Pranarka, A. M. W. (1996). Pemberdayaan konsep, kebijakan dan implementasi / penyunting, Onny S. Prijono dan A.M.W. Pranarka. Centre for Strategicand International Studies (CSIS).

Roesmidi, & Risyanti, R. (2008). Pemberdayaan Masyarakat. Alqaprint.

Suharto, E. (1997). Pembangunan, Kebijakan Sosial dan Pekerjaan Sosial: Spektrum Pemikiran. Lembaga Studi Pembangunan STKS (LSP-STKS).

Usman, S. (2012). Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat. Pustaka Pelajar Offes.

Wasistiono, S. (1998). Pemberdayaan Aparatur Daerah. Abdi Praja.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.