Masyarakat dan Solidaritas dalam Pembangunan yang Berpotensi Konfllik (Pengabdian Masyarakat Berbasis Riset di Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok)

Autor(s): Arief Irvan
DOI: 10.30983/dedikasia.v1i1.5023

Abstract

Pengabdian masyarakat berbasis riset ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya pembangunan disatu sisi dan pentingnya pelestarian lingkungan disisi lain. Pengabdian masyarakat ini didasarkan pada riset awal yang dilakukan di nagari Bukit Sileh dan nagari Batu Bajanjang di kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok. dengan adanya kasus munculnya solidaritas dan perlawanan masyarakat terhadap pembangunan PLTP Geothermal. Pengabdian masyarakat ini dengan jenis penelitian berbasis riset dengan metode Participatory Action Research (PAR), dengan melibatkan partisipsi dalam diskusi maupun menggali akar masalah. Riset awal sebagai dasar pengabdian dapat dipahami bahwa timbulnya solidaritas masyarakat dalam penolakan sebagian masyarakat terhadap pembangunan PLTP Geothermal. Berdasarkan kajian riset awal di atas maka pengabdian yang dilakukan dalam dua tema khusus berupa penyuluhan pentingnya pemahaman akan pembangunan dan dampak positif dan negatifnya bagi kesejahteraan masyaraka serta pemahaman masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan dampaknya bagi masyarakat sehingga masyarakat dapat memahami dan menilai akan pembangunan dari dua sisi berupa dampak negatif dan positifnya bagi masyarakat sebagai efek yang ditimbulkan dari pembangunan 

Keywords

Kepentingan; Konflik; Solidaritas; Perlawanan

Full Text:

PDF

References

Afrizal. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada, 2014.

———. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Pt Rajagrafindo Persada, 2014.

Dirgantara, Davindra. “Persepsi Masyarakat Tentang Rencana Pembangunan Pltp Gunung Talang-Bukit Kili Di Kabupaten Solok” 1 (2018): 11.

Elly M. Setiadi Dan Usman Kolip. Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta Dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi, Dan Pemecahannya. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Irving M. Zeitlin. Memahami Kembali Sosiologi. Yogyakarta: Ada University Press, 1998.

Moleong, Lexy J. “Metodologi Penelitian Kualitatif / Penulis, Prof. Dr. Lexy J. Moleong, M.A. | Opac Perpustakaan Nasional Ri.,” 2013. Https://Opac.Perpusnas.Go.Id/Detailopac.Aspx?Id=1133305.

Walhi. “Pembangunan Pltp Gunung Talang – Bukit Kili, Diwarnai Pemaksaan Negara Dan Kriminalisasi Rakyat,” May 17, 2018. Https://Www.Walhi.Or.Id/Pembangunan-Pltp-Gunung-Talang-Bukit-Kili-Diwarnai-Pemaksaan-Negara-Dan-Kriminalisasi-Rakyat.

Pratama, Andina, Sulistya Wardaya, And Ika Pasca Himawati. “Upaya Penyelesaian Konflik Pembangkit Listrik Tenaga Uap Di Teluk Sepang.” Community : Pengawas Dinamika Sosial 7, No. 1 (July 12, 2021): 26–39. Https://Doi.Org/10.35308/Jcpds.V7i1.3263.

Putra, Juli Ishaq, Bob Alfiandi, And Afrizal Afrizal. “Strategi Pemanfaatan Sumber Daya Dalam Gerakan Sosial Perlawanan Komunitas Salingka Gunung Talang Terhadap Penetapan Wilayah Kerja Geotermal Gunung Talang-Bukit Kili, Kabupaten Solok, Sumatra Barat.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, No. 1 (June 23, 2021): 2109–17.

Rofiah, Khusniati. “Dinamika Relasi Muhammadiyah Dan Nu Dalam Perspektif Teori Konflik Fungsional Lewis A. Coser.” Kalam 10, No. 2 (December 30, 2016): 469–90. Https://Doi.Org/10.24042/Klm.V10i2.10.

“Sari Marta Yolanda.Pdf,” N.D.

Sastra Hadi, Eril, And Eka Vidya Putra. “Resistensi Masyarakat Terhadap Rencana Pembangunan Pltp (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) Di Gunung Talang Kabupaten Solok.” Jurnal Perspektif 2, No. 3 (August 3, 2019): 236. Https://Doi.Org/10.24036/Perspektif.V2i3.95.

Soerjono Soekanto. Kamus Sosiologi. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada, 1993.

Suardi Wekke, Ismail. “Metode Penelitian Sosial,” 2019.

Suppa, Rinto. “Perubahan Sosial Pasca Konflik (Studi Di Kecamatan Lambu Kabupaten Bima).” Masters, Pascasarjana, 2014. Http://Eprints.Unm.Ac.Id/4651/.

Tualeka, M Wahid Nur. “Teori Konflik Sosiologi Klasik Dan Modern,” 2017, 17.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.