Pengelolaan Program Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Solok


Authors :
(1) Ira Yanti Mail (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia)
(2) Darul Ilmi Mail (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia)
(3) Supratman Zakir Mail (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia)
(4) Ezi Mulia Mail (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia)
(5) Roza Febrianis Mail (UIN Imam Bonjol Padang, Indonesia)
(6) Sarah Pilbahri Mail (UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia)

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Solok, seperti kurangnya pelaksanaan muroja’ah sehingga peserta didik mudah lupa dengan hafalannya, lemahnya kemampuan membaca al-Qur’an, terbatasnya waktu menghafal, adanya faktor internal (seperti rasa malas), dan adanya faktor eksternal (seperti cara guru tahfidz dalam memberikan bimbingan) yang turut berpengaruh terhadap hafalan peserta didik. Maka, penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan data kualitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, perencanaan program tahfidz al-Qur’an di MTsN 3 Solok diawali dengat rapat untuk menentukan tujuan program tahfidz, target hafalan peserta didik yaitu One Day One Ayat, pelaksanaannya setiap pagi Selasa sampai Sabtu, 20 menit sebelum jam pertama. Kedua, pengorganisasian program tahfidz al-Qur’an dilakukan dengan menunjuk koordinator tahfidz dan peserta didik dibagi menjadi tiga kelompok dalam satu kelas. Ketiga, pelaksanaan program tahfidz yaitu penyetoran hafalan, peserta didik maju satu persatu untuk menyetorkan hafalannya. Selanjutnya, pelaksanaan tahsin dan muroja’ah. Keempat, pengawasan dilakukan  dengan evaluasi harian dan evaluasi mingguan.

 

Abstract

This research was motivated by the lack of optimal program implementationtahfidz Al-Qur'an at Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Solok, such as lack of implementationcereal'ah so that students easily forget their memorization, weak ability to read the Koran, limited time to memorize, internal factors (such as feeling lazy), and external factors (such as the teacher's way oftahfidzin providing guidance) which also influences students' memorization. So, this research aims to determine the implementation of the programtahfidz Al-Qur'an using descriptive research methods and qualitative data. This research data was obtained through interviews, observation and documentation. The research results show thatFirst, planning for the tahfidz al-Qur'an program at MTsN 3 Solok begins with a meeting to determine the program objectivestahfidz, students' memorization targets, namely One Day One Ayat, it takes place every morning from Tuesday to Saturday, 20 minutes before first hour.Second, organizing the programtahfidzAl-Qur'an is carried out by appointing a coordinatortahfidzand students are divided into three groups in one class.Third, program implementationtahfidz namely depositing memorization, students come forward one by one to deposit their memorization. Next, implementationtahsin andcereal'ah Fourth, supervision is carried out with daily evaluations and weekly evaluations.

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/al-marsus.v1i2.7590

References

Afdillah, S. (2021). Pengelolaan Program Tahfizh Al-Qur’an di SDIT Tahfizh Al-Makki Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Aldri, A., Yakub, A. M., Yanti, I., & Sumarni, W. (2023). Implementation of Al-Miftah Lil’ulum Method in Improving the Quality of Reading The Kitab Kuning on Students of Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang. GIC Proceeding, 1, 8–15.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: pedoman teoritis praktisi pendidikan.

Chan, F., Kurniawan, A. R., Herawati, N., Efendi, R. N., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi guru dalam mengelola kelas di sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439–446.

Ernawati, E. (2020). Manajemen program tahfidz Al-Qur’an ma’had al-jamiah putri IAIN Palangka Raya. IAIN Palangka Raya.

Harbes, B., Sesmiarni, Z., Zakir, S., Simbolon, A. M. Y., Devi, I., & Syafitri, A. (2023). Manajemen Sumber Daya Tenaga Pendidik Di SMKS Pembangunan Bukittinggi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 3683–3697.

Hasanah, D. U., Alfi, A., & Mujahid, I. (2021). Implementasi Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Al Muayyad Surakarta. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 8(2), 72–81.

Hidayat, H., & Gunadi, G. (2022). Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Al-Awwal Palembang. Quality, 10(1), 47–60.

Hisam, M. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di STIU Pondok Pesantren Tahfidz Wadi Mubarok, Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Institut PTIQ Jakarta.

Ilmi, D. (2014). Mengembangkan Karakter Peserta Didik Melalui Kecerdasan Spritual. Education, 2(2).

Ilyas, M. (2020). Metode muraja’ah dalam menjaga hafalan al-qur’an. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 1–24.

Imron, A. (2023). Manajemen peserta didik berbasis sekolah. Bumi Aksara.

Intiha’ul Habibah, U. (2021). Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an (Studi Kasus Di SMP Unggulan Al-Furqon Driyorejo Gresik). Jurnal Syntax Admiration, 2(4), 701–711. https://doi.org/10.46799/jsa.v2i4.222

Jailani, M., & Suyadi, S. (2022). The Relevance of KH Ahmad Dahlan’s Tajdid Thoughts on Islamic Education During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 6(2), 111–127.

Kabiru, S. A. (2017). Manajemen dan Teori Aplikasi. Alfabeta: Bandung.

KH Mahir M Soleh, L. C., Hardian Saputra, S. E., Azliana, L., Wulandari, T., Kurniawan, A. I., Nopitasari, D., Sumiati, A., Jummiyati, S. P. I., Mubdi’u, A., & Noviansyah, A. (2022). Buku saku dirasat islamiyah: madrasah ibtidaiyah nurul huda. Cv. Sinar jaya berseri.

Laili, I. (2016). Manajemen sumber daya manusia.

Lukman Pardede, S. H., & Pardede, D. L. (2021). Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran. Literasi nusantara.

Mubarok, A. H., Sonhaji, S., Aini, E. N., & Suratman, S. (2020). Implementasi Program Tahfiz Al Quran di SDN 013 Penajam, Penajam Paser Utara. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(1), 63–75.

Mustopa, A. M. Y. S., & Iswantir, I. (2023). Pengembangan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam di Era Disrupsi. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 15(1), 1–12.

Rahim, A. (2020). Peran Tahfidzul Quran terhadap Pembentukan Karakter Santri Pondok Pesantren Hidayatullah Baubau. Syattar, 1(1), 45–57.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Simbolon, A. M. Y., Sabri, A., & Sermal, S. (2022). Implementasi Manajemen Pelayanan Prima di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 13 Padang. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 56–66.

Simbolon, A. M. Y., Syam, H., Sesmiarni, Z., Zakir, S., Mulia, E., & Yunita, I. (2023). The Concept of Education Personnel Management in Educational Institutions. GIC Proceeding, 1, 16–29.

Wahid, W. A. (2015). Panduan Menghafal Al-Qur’an Super Kilat: Step By Step dan Berdasarkan Pengalaman. Diva Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/al-marsus.v1i2.7590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________________________________________________________________
Academia.Edu

Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
e-ISSN : 3025-4221
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/almarsus

E : almarsus.journal@uinbukittinggi@gmail.com
"View Almarsus Stats"
Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License