Implementasi Perencanaan Strategis dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Sekolah Menengah Atas


Authors :
(1) Mimi Susanti Mail (UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia)

Abstract


Abstrak

Lulusan berkualitas memberikan kontribusi bagi pembangunan dan meningkatkan daya saing negara. Dengan dihapuskannya sistem Ujian Nasional dan sekarang dilaksanakan ujian berbasis sekolah atau disebut Ujian Akhir Sekolah (UAS), perencanaan strategis memungkinkan sekolah merencanakan dan menerapkan langkah-langkah yang efektif dalam memastikan bahwa lulusan memiliki keterampilan, pengetahuan, dan kualifikasi untuk memenuhi tuntutan masa depan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan desain perencanaan trategis sebagai upaya peningkatan mutu lulusan SMAN 1 Kecamatan Mungka. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi.   Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah sebagai perancana, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa sebagai sasaran dari tujuan pendidikan, serta wali murid sebagai stakeholder untuk melengkapi data yang telah ada. Berdasarkan hasil temuan penelitian, perencanaan peningkatan mutu lulusan di SMAN 1 Kecamatan Mungka dapat disimpulkan bahwa perencanaan strategis yang berfokus kepada lulusan bermutu sudah mencapai tujuan yang diharapkan. Hal ini tidak akan terjadi tanpa kerjasama yang baik antara pihak sekolah, siswa, orangtua dan semua pihak terkait. Sehingga dapat dilihat gambaran lulusan SMAN 1 Kecamatan Mungka 3 (tiga) tahun terakhir yang menempuh pendidikan lanjut diperguruan tinggi negeri dengan persentase di atas 50 %.

Kata Kunci : Perencanaan Strategis, Mutu Lulusan, Sekolah Menengah Atas

 

Abstract

Qualified graduates contribute to development and increase the country's competitiveness. With the elimination of the National Examination system and now carrying out school-based exams or known as School Final Examinations (UAS), strategic planning enables schools to plan and implement effective measures to ensure that graduates have the skills, knowledge and qualifications to meet future demands. This study aims to describe the design of strategic planning as an effort to improve the quality of graduates of SMAN 1 Mungka District. The type of research used is descriptive qualitative. Methods of data collection is done through interviews, documentation and observation. The subjects of this study were the principal as a designer, vice principal, teachers, and students as the targets of educational goals, and student guardians asstakeholder to complement existing data. Based on the research findings, planning to improve the quality of graduates at SMAN 1 Mungka District can be concluded that strategic planning that focuses on quality graduates has achieved the expected goals. This will not happen without good cooperation between the school, students, parents and all related parties. So that it can be seen the picture of graduates of SMAN 1 Mungka District in the last 3 (three) years who are pursuing further education at state universities with a percentage of above 50%.

Keyword : Strategic Planning, Graduate Quality, Senior High School


Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6472

References

Jurnal

Ali, M. (2009). Pendidikan untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi. Grasindo.

Amran. (2015). Faktor Penentu Keberhasilan Pengelolaan Satuan Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(2), 185–196.

Fauzi, M. S., & Falah, M. S. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi Kasus di SMAU 1 Gresik. JM-TBI: Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam, 54–76.

Hamid, A., Darwis, D., & Andriyani, S. (2018). Fenomena Politik Cebong dan Kampret di Indonesia: Sebuah Analisis dari Perspektif Pemikiran Politik dalam Islam. Politea, 1(1), 29.

Hasan, M., Warisno, A., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di SMP IT Wahdatul Ummah Kota Metro. An Naba, 5(2), 34–54.

Hidayat, M. C., & Syam, A. R. (2020). Urgensitas Perencanaan Strategis dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia Madrasah Era Revolusi Industri 4.0. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 1–13.

Manoppo, F. (2017). Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Metode Ward And Peppard (Studi Kasus: Pada STMIK Parna Raya Manado) Franky. Seminar Nasional IPTEK Terapan (SENIT), 2, 56–62.

Nurtan, N., Bahrudin, I., Isnain, T., Susilo, M. E., Wardani, D. R. K., & Anggela, M. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan di SMK Negeri 2 Sangatta Utara. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 3(1), 17–27.

Putra, R. S., & Murniati, A. R. (2017). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan pada SMA Negeri 3 Meulaboh Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(3).

Rambe, A. I. S., Nasution, P., & Yusri, D. (2020). Perencanaan Strategis Dalam Upaya Peningkatan Mutu Lulusan Di Mts Darul Ilmi Pangkalan Berandan. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 69–81.

Rusdiyani, I. (2023). Implementasi Supervisi Klinis Berdasarkan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kreativitas Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 515–529.

Sastrawan, K. B. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Perencanaan Mutu Strategis. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 203–213.

Shaifudin, A. (2021). Makna Perencanaan dalam Manajemen Pendidikan Islam. Moderasi: Journal of Islamic Studies, 1(1), 28–45.

Sridana, N., Wilian, S., & Setiadi, D. (2018). Sistem Penjaminan Mutu Internal di Satuan Pendidikan Menengah (SMA). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1).

Subawa, P. (2018). Mencetak Lulusan yang Berkarakter dan Berkualitas. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 2(1).

Suroyo, S., & Stevani, W. (2022). Perencanaan Strategi dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di SMAN 1 Pringsewu. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 20(3), 342–356.

Tahmawati, S. Y. T. N. (2018). Islamic Akademika: Jurnal Pendidikan & Keislaman. Jurnal Pendidikan & Keislaman, 3(1), 77–87.

Yuliana, L., & Raharjo, S. B. (2019). Ketercapaian Standar Nasional Pendidikan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 197–212.

Digital dan Media Sosial

Fathurochman, M. (2014). Perencanaan Strategis pada Perusahaan Entrepreneurial dalam Menghadapi Ketidakpastian Lingkungan Bisnis Eksternal. Https://Mamanfathurochman.Wordpress.Com/.https://mamanfathurochman.worfatdpress.com/artikel/manajemen-stratejik-2/manajemen-stratejik_2/

Halik, A. (2019). Ini Alasan Mendikbud Nadiem Hapus Ujian Nasional 2021. Https://Www.Beritasatu.Com/Nasional/.https://www.beritasatu.com/nasional/590122/ini-alasan-mendikbud-nadiem-hapus-ujian-nasional-2021

Interview

Iswandi (Kepala Sekolah), Wakil Kepala Sekolah (Mulyadi, S.Pd), {Senin, 16 Mei 2023}

Guru BK (Yulia Putri Satria, S.Pd) dan Wali Murid orang tua dari Rahmatil Isnaini (siswa Kelas XII IPS TP.2021/2022 )(Selasa, 17 Mei 2023)




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________________________________________________________________
Academia.Edu

Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
e-ISSN : 3025-4221
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/almarsus

E : almarsus.journal@uinbukittinggi@gmail.com
"View Almarsus Stats"
Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License