Implementasi Manajemen Kesiswaan di SMAN 1 Tigo Nagari


Authors :
(1) Indra Devi Mail (UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia)
(2) Nur Indri Harahap Mail (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia)
(3) Ali Mustopa Yakub Simbolon Mail (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia)

Abstract


Abstrak

Manajemen Kesiswaan merupakan proses pendampingan pada peserta didik, dalam mengembangkan kemampuan yang dimiliki peserta didik agar dapat berkembang secara maksimal. Riset ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pengendalian, pengawasan, pelayanan, dan evaluasi, kurangnya sumberdaya seperti infrastruktur, dan dana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi manajemen kesiswaan di SMAN 1 Tigo Nagari. Riset ini memakai pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Uji keabsahan informasi dengan metode pengecekan derajat keyakinan (creadibility), metode pengecekan keteralihan dengan metode penjelasan rinci (dependability), metode pengecekan ketergantungan (capability), metode pengecekan kepastian (auditoring). Hasil Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa. Pertama, Sekolah ini telah berhasil melaksanakan sebagian besar kegiatan kesiswaan dengan baik, termasuk pengelolaan kehadiran siswa, pembinaan prestasi, dan pengembangan bakat siswa. Kedua, tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya manusia, kurangnya koordinasi antara staf kesiswaan dan guru, serta minimnya partisipasi siswa dalam pengambilan keputusan terkait kegiatan kesiswaan. Ketiga, rekomendasi untuk perbaikan meliputi peningkatan pelatihan dan pengembangan staf kesiswaan, peningkatan koordinasi antara staf kesiswaan dan guru, serta pemberian kesempatan yang lebih besar bagi siswa dalam pengambilan keputusan terkait kegiatan kesiswaan.

Kata Kunci : Implementasi, Manajemen, Kesiswaan

 

Abstract

Student Management is a process of assisting students, in developing the abilities of students so that they can develop optimally. This research is motivated by less than optimal control, supervision, service and evaluation, lack of resources such as infrastructure and funds. The purpose of this research is to evaluate the implementation of student management at SMAN 1 Tigo Nagari. This research uses a qualitative approach. Data was collected through observation, interviews, and documentation. Data analysis using Miles and Huberman. Test the validity of the information by checking the degree of confidence (creadibility), the method of checking transferability with the detailed explanation method(dependability), dependency checking method (capability), certainty checking method (auditoring). Results Based on data analysis, it was found that.First, This school has successfully carried out most of its student activities properly, including managing student attendance, fostering achievement, and developing student talents.Second, challenges faced include limited human resources, lack of coordination between student staff and teachers, and minimal student participation in decision-making related to student activities.Third, recommendations for improvement include increasing training and development of student staff, increasing coordination between student staff and teachers, as well as providing greater opportunities for students to make decisions related to student activities.

Keyword : Implementation, Management, Student


Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6454

References

Buku

Ariyana, Y., Bestary, R., & Mohandas, R. (2018). Buku pegangan pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hak.

Astuti, R. F., Riyadi, R., & Ellyawati, N. (2022). Profesi Kependidikan. Bayfa Cendekia Indonesia.

Firdianti, a. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Gre Publishing.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.

Mustari, M. (2022). Administrasi dan Manajemen Pendidikan Sekolah. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Aprianto, I., Alhaddad, M. R., Fauzi, H., Gusvita, M., Sahroni, M. P. I., Nasution, F., & Sopian, A. (2020). Manajemen Peserta Didik. Penerbit Lakeisha.

Wahyudin, U. R. (2020). Manajemen Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional). Deepublish.

Jurnal

Afra, Muna. 2023. “Strategi Pengawas dalam Pembinaan Kompetensi.” UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Amon, Lorensius, and Harliansyah Harliansyah. 2022. “Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan Menengah Kejuruan.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan 1 (1): 147–62.

Apud, Apud. 2018. “Manajemen Mutu Pendidikan MAN Insan Cendekia: Analisis terhadap Pengelolaan Mutu Program Akademik di MAN Insan Cendekia Serpong-Tangerang Selatan.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 4 (02): 171–90.

Asi, Lisda L, and Achmad Gani. 2021. “Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja terhadap Komitmen Organisasional dan Kinerja Dosen Universitas Negeri Gorontalo.” Journal of Management Science (JMS) 2 (1): 1–24.

Asih, Dwi, and Enung Hasanah. 2021. “Manajemen Kesiswaan dalam Peningkatan Prestasi Siswa Sekolah Dasar.” Academy Of Education Journal 12 (2): 205–14.

Devi, Indra, Zulfani Sesmiarni, Aisyah Syafitri, Ali Mustopa Yakub Simbolon, and Iswantir Iswantir. 2023. “Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru di MTsS Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3 (2): 14422–33.

Inkiriwang, Rizky Rinaldy. 2020. “Kewajiban Negara dalam Penyediaan Fasilitas Pendidikan Kepada Masyarakat Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidkan Nasional.” Lex Privatum 8 (2).

Iswantir, M, Zulfani Sesmiarni, and Sulha Dewi Hana. 2022. “Manajemen Pembelajaran Berbasis Akreditasi di Pondok Pesantren.” HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam 11 (2): 229–38.

Qomaruddin, Qomaruddin. 2022. “Manajemen Kesiswaan dalam Membentuk Karakter Siswa.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 20 (1): 75–98.

Sari, Ita Purnama. 2022. “Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MI Asy-Syifa Kota Bengkulu.” Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 8 (2): 100–108.

Satrio, Satrio, Lias Hasibuan, Kasful Anwar Us, and Ahmad Fadhil Rizki. 2021. “Administrasi Kurikulum, Kesiswaan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Tinjauan Administasi Sekolah.” Indonesian Journal of Islamic Educational Management 4 (2): 92–101.

Simbolon, Ali Mustopa Yakub, Ahmad Sabri, and Sermal Sermal. 2022. “Implementasi Manajemen Pelayanan Prima di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 13 Padang.” PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4 (2).

Syafitri, Aisyah, Zulfani Sesmiarni, and Indra Devi. 2023. “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru di SMPN 2 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3 (2): 11401–10.

Syahputra, Muhammad Rizki. 2020. “Implementasi Manajemen Kesiswaan di MTs Negeri 3 Medan.” Education Achievement: Journal of Science and Research.

Basis Data Daring

Jaya, E. (2018). Manajemen Kesiswaan Sekolah Efektif SMART Ekselensia Indonesia. Ervan Jaya.

Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Afra, M. (2023). Strategi Pengawas Dalam Pembinaan Kompetensi. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Arifah, S. L. (2022). Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di MA Unggulan KH. Abd. Wahab Hasbulloh Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. IAIN Kediri.

Faujiah, R. (2023). Implementasi Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 4 Banyuwangi. UIN KH Achmad Siddiq Jember.

Laila, E. N. (2021). Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non-Akademik di MA Darul Huda Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Ma’wa, L. J. (2023). Manajemen kesiswaan dalam Meningkatkan Mutu Kedisiplinan Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan Studi Kasus di SMP Negeri 5 Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Miftahur, R. (2022). Manajemen Strategi Imlementasi Nilai-nilai Pendidikan Multikultural di Madrasah Aliah dan Sekolah Menengah Atas Lampung Tengah. UIN Raden Intan Lampung.

Rahman, F. A. (2023). Manajemen Program Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MAN 2 Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Rohmah, N. (2022). Manajemen Kesiswaan dalam Peningkatan Kemampuan Riset Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Solikah, K. (2022). Manajemen Kesiswaan Berbasis Pesantren dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs Darul Huda. IAIN Ponorogo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________________________________________________________________
Academia.Edu

Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
e-ISSN : 3025-4221
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/almarsus

E : almarsus.journal@uinbukittinggi@gmail.com
"View Almarsus Stats"
Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License