Perencanaan Strategis Sekolah


Authors :
(1) Dina Sri Mulyani Mail (SMAN 4 Bikittinggi, Indonesia)
(2) Paulina Virgianti Mail (SMAN 4 Bikittinggi, Indonesia)

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan menjelaskan perencanaan strategis sekolah dengan metode kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pengertian perencanaan pendidikan yang dimunculkan ahli, terdapat lima konsep dalam perencanaan. Pertama, suatu rumusan rancangan kegiatan yang ditetapkan berdasarkan visi, misi, dan tujuan pendidikan. Kedua, memuat langkah atau prosedur dalam proses kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan. Ketiga, alat kontrol pengendalian perilaku warga satuan pendidikan (kepala sekolah, guru, karyawan, peserta didik, dan komite sekolah).  Keempat, memuat rumusan hasil yang ingin dicapai dalam proses layanan pendidikan kepada peserta didik. Kelima, menyangkut masa depan proses pengembangan dan pembangunan pendidikan dalam waktu tertentu yang lebih berkualitas. Perencanaan strategis sekolah berperan penting dalam pencapaian visi dan misi sekolah. Dengan adanya perencanaan, tingkat keberhasilan sekolah dapat diukur, sehingga bisa dievaluasi dan diperbaiki jika terdapat sesuatu yang tidak sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Rencana strategis sekolah berisi cara pencapaian tujuan sekolah melalui berbagai perencanan dan program sekolah yang dituangkan dalam Rencana Kerja Sekolah (RKS). RKS merupakan rencana komprehensif untuk mengoptimalkan pemanfaatan segala sumber daya yang ada dan yang mungkin diperoleh guna mencapai tujuan yang diinginkan di masa datang. RKS harus berorientasi ke depan dan secara jelas menjembatani kondisi saat ini dan harapan yang ingin dicapai di masa depan.

Kata Kunci : Perencanaan, Strategis, Sekolah

 

Abstract

This study aims to explain the strategic planning of schools using the library method(library research). The results of the study show that based on the understanding of educational planning put forward by experts, there are five concepts in planning.First, a formulation of an activity design that is determined based on the vision, mission, and goals of education.Second,contains steps or procedures in the process of activities to achieve educational goals.Third,control tool for controlling the behavior of members of the education unit (school principals, teachers, employees, students, and school committees).Fourth, contains the formulation of the results to be achieved in the process of educational services to students. Fifth, regarding the future of the process of developing and building education in a certain time with a higher quality. School strategic planning plays an important role in achieving the school's vision and mission. With planning, the level of school success can be measured, so that it can be evaluated and corrected if something is not in accordance with the plans that have been set. The school's strategic plan contains ways of achieving school goals through various school plans and programs as outlined in the School Work Plan (RKS). RKS is a comprehensive plan to optimize the utilization of all available and probable resources in order to achieve the desired goals in the future. RKS must be future oriented and clearly bridge the current conditions and expectations to be achieved in the future.

Keyword : Planning, Strategic, School


Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6446

References

Buku

Marno, & Supriyatno, T. (2008). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Refika Aditama.

Muhaimin, S., & Listyo, S. (2010). Manajemen Pendidikan, Aplikasinya dalam Penyusunan RPS. Kencana Prenada Media Grup.

Muhammadin, A., Munthe, R. N., Warella, S. Y., Sari, A. P., Tjiptadi, D. D., Tampubolon, M. R., Gandasari, D., Tjahjana, D., & Sugiarto, M. (2021). Teori dan Perilaku Organisasi. Yayasan Kita Menulis.

Jurnal

Arifudin, M., Sholeha, F. Z., & Umami, L. F. (2021). Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 162–183.

Hasnawati, H. (2006). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran. 3(1).

Lubis, M. S. (2018). Perencanaan Strategik Pendidikan. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 4(1).

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. At-Ta’dib, 6(1).

Nomor, P. M. P. N. (19 C.E.). Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Nurindarwati, R. (2020). Penerapan Supervisi Akademik Pengawas Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penyusunan Administrasi Pembelajaran. Al-Munqidz: Jurnal Kajian Keislaman, 8(1), 14–34.

Rahmi, E. (2018). Leadership-Manajerialship dalam Pendidikan Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 219–243.

Ridlo, S. (2020). Aspek Peningkatan Manajemen Pendidikan Agama Islam. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 105–117.

Sahnan, M. (2017a). Urgensi perencanaan pendidikan di sekolah dasar. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 12(2), 142–159.

Sahnan, M. (2017b). Urgensi Perencanaan Pendidikan di Sekolah Dasar DR. Muhammad Sahnan, M.Pd. Jurnal PPKN Dan Hukum, 12(2), 142–159.

Septrisia, R., Monia, F. A., & Hanafi, I. (2020). Gaya Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah: Tinjauan Perbedaan Gender dan Usia. Jurnal Public Administration, Business and Rural Develoment Planning, 2(1), 11–27.

Sudiana, A. (2018). Urgensi Perencanaan dalam Administrasi Pendidikan Islam. Al-Mujaddid, 1(1), 1–18.

Syadzili, M. F. R. (2019). Ontologi Manajemen Pendidikan Islam dalam Konstruksi Al-Qur’an dan Al-Hadits. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 87–102.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Untari, T. (2017). Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran.

Yashita, P. (2022). Rencana Strategis SMA Muhammadiyah 01 Metro Provinsi Lampung. UIN Raden Intan Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________________________________________________________________
Academia.Edu

Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
e-ISSN : 3025-4221
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/almarsus

E : almarsus.journal@uinbukittinggi@gmail.com
"View Almarsus Stats"
Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License