Pola Pengasuhan Orang Tua dan Peran Guru dalam Pendidikan Awal Anak


Authors :
(1) Riko Putra Mail (PT. Visi Nusantara Pilarindo Indonesia (Survey Institute), Indonesia)

Abstract


Abstrak

Pendidikan awal anak diawali dari lingkungan keluarga yang berperan penting dalam membentuk karakter dan perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan menganalisis gaya pengasuhan orang tua sebagai pendidikan awal dan mengungkap upaya yang dilakukan guru dalam menghadapi perkembangan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method yang menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif, dilakukan di Bukittinggi dan Agam, Sumatera Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analisis data dengan pendekatan campuran kuantitatif dan kualitatif, serta menggunakan metode studi kasus. Populasi adalah wanita yang belum menikah berusia sembilan sampai 64 tahun dan laki-laki berusia 10 sampai 30 tahun. Sampel 100 orang mewakili berbagai keluarga di Kota Bukittinggi dan Agam, Sumatera Barat.  Subjek dipilih dengan sengaja untuk mengeksplorasi dinamika pengasuhan pada tahap perkembangan kritis. Melalui pendekatan ini, diketahui bagaimana gaya pengasuhan orang tua berdampak pada karakter dan perkembangan anak pada tahap transisi menuju masa remaja. Hasil penelitian menyoroti beragam pola pengasuhan orang tua yang dipengaruhi oleh faktor pekerjaan, kesibukan, dan Pendidikan orang tua. Pola-pola tersebut di antaranya mendukung namun menuntut, mendukung namun tidak menuntut, menuntut namun tidak mendukung, dan mendukung dan menuntut. Maka, direkomendasikan langkah-langkah menerapkan teori perkembangan siswa, mendorong kolaborasi antara guru dan orang tua, serta mengimplementasikan strategi pengajaran yang efektif.

 Kata Kunci : Pola Pengasuhan, Pedagogi, Pendidik

 

Abstract

Children's early education begins with the family environment which plays an important role in shaping the character and development of children. This study aims to analyze parenting styles as early education and reveal the efforts made by teachers in dealing with student development. This study uses an approachmix method which combines quantitative and qualitative methods, conducted in Bukittinggi and Agam, West Sumatra. Data collection is done by observation, interviews, and documentation. The stages of data analysis used a mixed quantitative and qualitative approach, and used the case study method. The population is unmarried women aged nine to 64 years and men aged 10 to 30 years. A sample of 100 people represents various families in the City of Bukittinggi and Agam, West Sumatra. Subjects were chosen deliberately to explore parenting dynamics at critical developmental stages. Through this approach, it is known how parenting styles impact on the character and development of children in the transitional stage towards adolescence. The results of the study highlight a variety of parenting patterns that are influenced by work, busyness, and parental education. These patterns include supporting but demanding, supporting but not demanding, demanding but not supporting, and supporting and demanding. Thus, steps are recommended applying student development theory, encouraging collaboration between teachers and parents, and implementing effective teaching strategies.

Keyword : Parenting Style, Pedagogic, Teachers


Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6414

References

Jurnal

Baldwin, A. L. (2013). Socialization and the Parent-Child Relationship AND THE. 19(3), 127–136.

Baumgartner, R. J. (2014). Managing Corporate Sustainability and CSR: A Conceptual Framework Combining Values, Strategies and Instruments Contributing to Sustainable Development. 271(March 2012), 258–271. https://doi.org/10.1002/csr.1336

Choi, G., & Park, S. (2016). An Analysis of Actual Conditions with the Infectious Disease of Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus ( MERS-CoV ) Spreading in South Korea. 9(July). https://doi.org/10.17485/ijst/2016/v9i25/97228

D, B. (1967). Baumrind , D . ( 1966 ). Effects of Authoritative Parental Control on Child. 37(1966), 887–907.

Eropa, C. of. (2008). C Hildren and Corporal Punishment : “ T He Right Not to Be Hit , Also A Children ’ S Right ”. January, 1–10.

Ferguson, K. T., Cassells, R. C., Macallister, J. W., & Evans, G. W. (2013). The physical environment and child development : An international review. 48(4), 437–468.

Gammoh, B. S., Okoroafo, S. C., & Koh, A. C. (2019). Cultural Influences on Environmental Consciousness and Green Environmental Behavior. 11(1), 20–29. https://doi.org/10.5539/ijms.v11n1p20

Habenicht, D., & Habenicht, D. (2014). The Most Important Thing You Need to Know about Parenting.

Hatimah, I., Departemen, D., & Luar, P. (n.d.). Keterlibatan keluarga dalam kegiatan di sekolah dalam perspektif kemitraan. 290–297.

Kumar, K. S. (2022). Duties and Responsibilities of Educational Management. March. https://doi.org/10.59175/pijed.v1i1.4

Margaretha, L., Kurniah, N., Dharmayana, I. W., Sasongko, R. N., & Lutfi, M. (2018). The Influence of Parents ’ Parenting Style towards the Independence of Preschool Children. 11(August). https://doi.org/10.17485/ijst/2018/v11i29/128245

Pendergast, L. L. (2015). Instructional context and student motivation , learning , and development : Commentary and implications for school psychologists. 1994. https://doi.org/10.1177/0143034315613560

Rahman, H. (2022). Pengaruh Kinerja Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Pelatihan Guru Terhadap Kompetensi Pedagogik. 2(2), 32–39.

Roykhan, M., & Artikel, I. (2022). Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid di Sekolah Dasar.

Sari, D. P., Saputra, H. H., & Affandi, L. H. (2022). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SDN 23 Ampenan. 8(1), 421–426.

Sobita. (2019). Sobita.

Straus, M. (2015). Prevalence, Societal Causes, and Trends In Corporal Punishment By. March 2010.

TABI’IN, A., & STAI. (2016). Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada MTsN Pekan Heran Indragri Hulu. 1(2), 156–171.

Widyaningrum, W. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di Abad 21 Melalui Pelatihan. 1(1), 35–44.

Undang-Undang

Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Indonesia. (2003).




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________________________________________________________________
Academia.Edu

Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
e-ISSN : 3025-4221
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/almarsus

E : almarsus.journal@uinbukittinggi@gmail.com
"View Almarsus Stats"
Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License